Notification

×

Iklan

Iklan

Tercapai Kesepakatan Damai Terkait Pembakaran Bedeng di Areal PT Bina Pratama Sakato Jaya

01 Agustus 2016 | 09.22 WIB Last Updated 2016-08-01T02:23:01Z

Dharmasraya - Terkait aksi pembakaran bedeng yang biasa digunakan untuk istirahat pekerja perkebunan di perusahaan perkebunan kelapa sawit PT Bina Pratama Sakato Jaya oleh oknum oknum yang tidak bertanggung jawab mendapat perhatian serius dari berbagai pihak. Kapolda Sumatera Barat Brigjen Pol Basyaruddin, Bupati Dharmasraya Sutan Riska Tuanku Kerajaan, Kapolres Sijunjung AKBP Dodi Pribadi, Kepala Kesbangpol Kabupaten Sijunjung Drs. Yunani, SE, Wakapolres Dharmasraya Kompol Yufrinaldi, Asisten Sekda Dharmasraya Bidang Pemerintahan Drs. Irsyad bersama ninik mamak Kampung Surau (Dharmasraya) dan ninik mamak Parit Rantang (Sijunjung) menggelar pertemuan di PT Bina Pratama Sakato Jaya Jumat 29 Juli 2016.

Pertemuan yang berlangsung penuh kekeluargaan itu tokoh Kampung Surau Harison dan Tokoh Parit Rantang Madalius dan Enti Jaya Dt. Manti Penghulu diberikan kesempatan untuk menyampaikan pokok pokok permasalahan. Kemudian satu persatu pejabat memberikan pengarahan. Dan pertemuanpun diakhiri dengan dua kesimpulan pokok, yaitu pertama untuk menyelesaikan tapal batas antara Dharmasraya dan Sijunjung diserahkan penyelesaiannya ke Pemprov Sumbar, kedua permasalahan konflik lainnya diserahkan penyelesaiannya kepada ninik mamak setempat.

Kemudian usai pertemuan, ninik mamak kedua belah pihak menggelar pertemuan di tempat yang sama untuk menyelesaikan berbagai masalah yang bisa memicu konflik lanjutan. Pertemuan ninik mamak kedua belah pihak itu menyepakati agar warga Kampung Surau dan Parit Rantang tidak melakukan tindakan tindakan yang memicu anarkis, seperti mengganggu panen sawit, memasang tanda tapal batas dan sebagainya. Usai pertemuan, massa yang berkumpul di sekitar lokasi membubarkan diri.

Aksi pembakaran bedeng tempat istirahat para pekerja PT Bina Pratama Sakato Jaya tidak menimbulkan korban jiwa. Kapolda Basyaruddin menyebutkan jika kasus ini sampai berulang, maka pihaknya tidak akan memberikan toleransi dan akan menindak tegas pelakunya. Untuk mengantisipasi adanya konflik lanjutan, Kapolda menyiapkan satu kompi Brimob di Mapolres Dharmasraya.(*)



×
Kaba Nan Baru Update