Notification

×

Iklan

Iklan

GOA BATU KAPAL, DESTINASI GEOPARK MENARIK DI SOLSEL

23 Mei 2017 | 23.12 WIB Last Updated 2017-05-23T16:12:49Z
Goa Ngalau Indah Batu Kapal ( foto : Jilatang Api, Sandy Putra)

Solsel- Pemerintah Kabupaten Solok Selatan mulai mempersiapkan berbagai kelengkapan terkait usulan penetapan objek wisata Goa Batu Kapal sebagai salah satu Goepark Nasional. Ini merupakan bentuk upaya Pemkab Solok Selatan dalam pengembangan destinasi wisata didaerah itu.

Destinasi Geopark yang akhir-akhir ini baru terekspos ke publik . Gua dengan keunikan tersendiri dinamakan Gua Ngalau  Indah  Batu Kapal.  Gua yang terbentuk dari batu lumut yang berwarna-warni . Secara administratif, gua ini terletak di Jorong Ngalau Indah Nagari Sungai Kunyit Barat Kec. Sangir Balai Janggo - Solok Selatan.

“Kita akan siapkan usulan objek wisata Goa Batu Kapal sebagai salah satu Geopark. Serta akan kami buatkan perbub tentang geopark ini,” kata Asisten III Yul Amri.

Menurutnya, penetapan Goa Batu Kapal menjadi salah satu Geopark nasional berkaitan dengan datangnya tim dari komunitas geopark sumatera barat ke Goa Batu Kapal, Kamis (18/5/2017).

Ketua komunitas Geopark Sumatera Barat, Novizar Swantry mengatakan, Goa Batu Kapal mempunyai daya tarik wisata yang sangat besar.

Menurutnya, dengan dijadikannya Goa Batu Kapal sebagai Geopark Nasional, maka wisatawan akan banyak berkunjung ke Solok Selatan. Dengan sendirinya akan meningkatkan perekonomian masyarakat serta peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD).

Dia mengatakan, di Solok Selatan banyak yang bisa dijadikan Geopark Nasional. Diantaranya, Kawasan Saribu Rumah Gadang, serta Panas Bumi di Solok Selatan sebagai destinasi wisata pendidikan.

“Geopark berbeda dengan hutan lindung, kalau hutan lindung hanya alam saja, tapi geopark tidak hanya alam, tapi juga manusianya, dan budaya yang ada di suatu daerah,” katanya.

Diharapkan, usulan penetapan Goa Batu Kapal sebagai Geopark Nasional ke Pemerintah pusat itu cepat direspon agar penetapannya dapat terealisasi. [Info Solsel]

×
Kaba Nan Baru Update