Notification

×

Iklan

Iklan

Tungku Pongek Lapuak , Sajian Lezat Dari Luhak Nan Tuo

14 Oktober 2017 | 19.37 WIB Last Updated 2017-10-16T01:27:40Z
Tungku Pongek Lapuak - Barulak Kabupaten Tanah ( Foto: Mas Uda )

Tanah Datar- Jika Anda  bertandang ke Sumatera Barat , rasanya belum sempurna jika belum menikmati kulinernya . Tak hanya rendang yang mendunia saja, ada makanan lain yang menggugah selera Anda. Kuliner lezat tersebut adalah pangek ikan .

Bagi orang darek ( sebutan masyarakat di perbukitan) sebutan adalah pangek ikan, tapi kalau orang pasisia (pesisir) sebutannya gulai ikan,  hanya beda nama .

Dan salah satunya ada di Kabupaten Tanah Datar. Ialah Tungku Pongek Lapuak atau juga di kenal dengan ikan pangek Lapuak yang berlokasi di Nagari Barulak, Kecamatan Tanjuang Baru,Kabupaten Tanahdatar, Sumatera Barat. Hanya membutuhkan jarak tempuh kurang lebih 40 menit dari Kota Batusangkar, ibukota Kabupaten Tanah Datar.

Secara geografis , lokasi keberadaan penjual Tungku Pongek Lapuak di perbatasan antara Kabupaten Tanah Datar dengan Kabupaten 50 Kota,  tepatnya di Barulak. Tempatnya berada di pinggiran jalan, jadi sangat mudah ditemui.

Selain sajian Tungku Pongek Lapuak, ada juga gulai ikan pangek, ayam batokok, dan yang tak pernah ketinggalan, rendang.

Aroma memang menggoda apalagi masih panas-panas disajikan. 

Untuk memasak pangek  ini kurang tepat jika menggunakan kompor minyak atau kompor gas. Sebaliknya gunakan kayu bakar, sebab aroma kayu secara alami akan menyatu dengan ikan yang dimasak .

Dari warna dan aromanya sudah membuat kita menelan air ludah dalam-dalam, apalagi ada racikan resep lain yang menggugah selera.

“Resepnya ini sudah dari nenek moyang sampai sekarang enggak berubah-ubah, rasanya pedas, gurih dan manis terutama daging ikannya ,” tutur sang penjual.


Catatan perjalanan: Mas Uda ( Y. Parianto )
Foto : Mas Uda
Editor : Inyong Budi 

×
Berita Terbaru Update