Notification

×

Iklan

Iklan

360 Pesilat Sumbar Ikuti Kejuaraan OSIS Cup di Padang Panjang

26 Desember 2017 | 19.18 WIB Last Updated 2017-12-26T12:18:51Z



Padang Panajang--Sebanyak 360 pesilat dari pelajar SMP dan SMA se-Sumatera Barat ikut ambil bagian dalam kejuaraan Silat OSIS Cup yang dilaksanakan di GOR Katib Soelaiman Banca Laweh dari tanggal 26 hingga 29 Desember mendatang.

Kegiatan yang dibentang bertepatan dengan masa libur sekolah tersebut, sengaja dilaksanakan untuk mencari bibit-bibit Pesilat yang akan mengharumkan nama Sumatera Barat ditingkat Nasional dan Internasional.

Walikota Padangpanjang Hendri Arnis yang diwakili oleh Sekretaris Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Drs.Afrizal,M.Pd dalam sambutannya saat pembukaan Kejuaraan Silat OSIS Cup, Senin malam, menyampaikan, dirinya sangat mengapresiasi kejuaraan yang digagas oleh organisasi pelajar di Kota Padangpanjang tersebut.

“Selain untuk mengisi waktu libur semester, kegiatan ini juga mampu menjaring bibit-bibit pesilat professional. Apalagi, Silat merupakan salah satu kebudayaan dari masyarakat Minangkabau yang dipelajari secara turun temurun,” kata Afrizal.



Afrizal juga menyinggung tentang pelestarian ilmu beladiri Silat sendiri, dimana Silat sudah menjadi mata pelajaran yang diakomodir oleh Kurikulum 2013 dan KTSP. Meskipun dalam penerapannya, belum seluruh sekolah menerapkannya.

“Kita dari Dinas Pendidikan menyadari, tidak semua guru olahraga memiliki pengetahuan tentang ilmu Silat, tetapi sejumlah sekolah sudah melaksanakannya, termasuk saya sendiri ketika masih menjabat sebagai Kepala SMPN 1 Padangpanjang, sengaja mendatangkan pelatih silat untuk mengajar disana,” cerita Afrizal.

Pada kesempatan itu, Afrizal juga mengucapkan selamat datang kepada seluruh peserta dan official yang telah datang ke Kota Padangpanjang untuk mengikuti kejuaraan tersebut.

Sementara itu, Ketua Panitia Pelaksana Fhisty Muiz Maghfirah dalam laporannya menyampaikan, kegiatan yang telah direncanakan sejak tahun ajaran baru sekolah tersebut, memang sengaja baru bisa dilaksanakan pada musim libur semester, karena ada berbagai pertimbangan.

“Kami dari OSIS Kota Padangpanjang juga mengucapkan terima kasih atas dukungan dan perhatian dari Pemerintah Kota Padangpanjang, Ketua DPRD, Pemprov IPSI Sumatera Barat, Kepala Dinas Pendidikan dan jajaran, serta pihak-pihak yang terlibat untuk menyukseskan kegiatan ini,” kata Ketua OSIS SMAN 3 Padangpanjang itu.



Fhisty juga merinci, untuk peserta yang mengikuti kejuaraan Silat OSIS Cup antar Pelajar SMP dan SMA se-Sumetara Barat tersebut berjumlah 360 peserta dengan 12 cabang yang dipertandingkan.

Pada pembukaan Kejuaraan Silat OSIS Cup antar Pelajar SMP dan SMA se-Sumatera Barat tersebut, juga dilaksanakan pemukulan gong oleh Sekretaris Disdikpora, didampingi oleh Ketua Panitia dan Pengurus Perguruan Silat di Padangpanjang. (Putra/Kenzie)
×
Kaba Nan Baru Update