Notification

×

Iklan

Iklan

Wujudkan Pemerintahan Yang Bersih dan Akuntabel, ASN Ikuti Bimtek Penyusunan SAKIP

07 Mei 2018 | 19.00 WIB Last Updated 2018-05-07T12:00:13Z


Padangpanjang – Wujudkan pemerintahan yang efektif, efisien, bersih, akuntabel, dan berkinerja tinggi, Aparatur Sipil Negara (ASN) dilingkup Pemerintah Kota (Pemko) Padangpanjang ikuti Bimbingan Teknis (Bimtek) penyusunan System Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintahan (SAKIP), di Aula Hotel Flaminggo, Senin (7/5).

"Dengan Bimtek ini dapat mendorong instansi pemerintah, untuk menyelenggarakan tugas umum pemerintahan dan pembangunan secara baik dan benar, berdasarkan peraturan perundang - undangan yang berlaku, dan jangan kita sampai ketinggalan dari daerah lain" papar Pjs Walikota Padangpanjang Irwan S.Sos MM.

Irwan menyampaikan, SAKIP akan berguna untuk mengukur setiap pembangunan atau kinerja yang dilakukan oleh masing - masing SOPD. Dan juga dijadikan sebagai tolak ukur untuk mempertanggungjawabkan anggaran yang telah digunakan untuk pembangunan daerah.

"Sasaran dari SAKIP ini, menjadikan instansi pemerintahan yang akuntabel sehingga dapat berjalan efisiensi, efektif dan responsive terhadap aspirasi masyarakat dan lingkungan, terwujudnya transformasi instansi pemerintah, terwujudnya partisipasi masyarakat dalam pelaksanaan pembangunan nasional, dan terpeliharanya kepercayaan masyarakat terhadap pemerintah,” ucap Irwan. 



Lebih lanjut Irwan menyampaikan, hingga saat ini SAKIP masih dipandang sebagai sebuah media statis. Padahal berjalannya mekanisme pertanggungjawaban kinerja mengharuskan adanya system yang hidup dan dihidupkan.

“SAKIP seeharusnya dapat digunakan sebagai dasar dalam memberikan reward dan punishment yang bisa dikaitkan dengan kinerja individu. Manfaat tersebut baru bisa kita petik jika ada komitmen yang kuat dari pimpinan untuk memberikan pemahaman yang kuat akan pentingnya SAKIP, yang tak hanya sebagai media pertanggungjawaban kinerja tetapi juga sebagai alat pengendali,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala Bagian Organisasi Setdako Padangpanjang Junaidi, SH menyampaikan, bimtek ini dilaksanakan guna dapat meningkatkan pemahaman kepada ASN dalam penyusunan SAKIP.

"Melalui bimtek ini, kedepannya Pemko Padangpanjang dapat menghasilkan penyusunan SAKIP yang berkualitas sesuai dengan sasaran dan tujuannya," ucap Junaidi.

Bimtek ini akan dilaksanakan selama dua hari, (7-8/5) mendatangkan narasumber dari Kepala Subbidang Analisis Perumusan Kebijakan Reformasi Birokrasi Kemenpan Republik Indonesia (RI) Gita Aurora, S.Ap, M.PA. (Delma)
×
Kaba Nan Baru Update