Notification

×

Iklan

Iklan

Ny. Emi Irdinansyah Tarmizi Bersama Kemenperin RI Buka Diklat Celup Pewarna Alam di Tanah Datar

24 September 2018 | 23.49 WIB Last Updated 2018-11-17T06:58:24Z


Batusangkar -- Kementerian Perindustrian Republik Indonesia lakukan pendidikan dan latihan pencelupan benang dengan pewarna alam di Kelompok Penenun Batenggang Dibanang Salai Tanjuang Modang Kecamatan Lintau Buo Utara.

Diklat selama lima hari kedepan itu dibuka resmi Ketua Dekranasda Tanah Datar Ny. Emi Irdinansyah Tarmizi, Senin (24/09).

Dalam sambutannya Ny. Emi Irdinansyah Tarmizi mengharapkan agar para peserta diklat harus lebih aktif dan sungguh-sungguh mengikutinya, sehinga setelah pelatihan ini semua peserta sudah lebih profesional dan siap untuk meneriman pesanan dari konsumen.

Dia mengatakan untuk narasumber di datangkan oleh pihak Kementerian Perindustrian seperti Eri Susanto dan Herman beserta tim.

Sementara untuk materi dan prakteknya akan diberikan mulai dari pemilihan bahan alam sebagai campuran dan perpaduan bahan celup sampai pada takaran dan cara memadukan warnanya, sebab ini berskala Internasional, kata Dia.



Kepala Dinas Koperindag Tanah Datar Marwan yang turut mendampingi via telepon mengatakan, "Diklat ini juga sebagai upaya pengembangan tenun pewarna alam kedepan dan apalagi kelompok pengerajin ini sudah menjadi binaan daerah bahkan sudah pernah dikunjungi isteri Wakil Presiden RI Ibu Mufidah Jusuf Kalla, "sebutnya.

"Kerjasama dengan kementerian ini akan terus ditingkatkan terutama dalam membina kelompok-kelompok pengrajin di Tanah Datar, karena daerah terbatas anggaran, tidak hanya sebatas itu kelompok dalam bentuk non agro seperti tenun dan sulaman juga ada dalam bentuk produk Rumah Tangga berupa makanan dan saat ini pelatihanya sudah dilakukan oleh Dekranasda dan PKK Tanah Datar, "tutur Dia. (put/hp)
×
Kaba Nan Baru Update