Notification

×

Iklan

Iklan

Tanah Datar Bakal Bekerjasama Dengan Sekolah Kebangsaan KLIA Malaysia

02 November 2018 | 20.51 WIB Last Updated 2018-11-17T07:10:59Z


Tanah Datar - Kabupaten Tanah Datar dalam waktu dekat akan lakukan kerjasama (MoU) dengan salah satu sekolah kebangsaan di Malaysia. Hal itu disampaikan Bupati Irdinansyah Tarmizi saat lawatan di salah satu sekolah kebangsaan di negeri Jiran Malaysia dalam rangka kegiatan studibanding internasional Malaysia Singapura Siswa Berprestasi Kabupaten Tanah Datar di Kuala Lumpur Malaysia, Kamis (1/11).

"Kita dalam waktu dekat akan jalin kerjasama dengan sekolah kebangsaan Kompleks KLIA Malaysia dalam bentuk program pertukaran siswa dari tingkat sekolah Dasar, Lanjutan dan Menengah Atas dengan waktu sesuai kesepakatan," kata Bupati.

Program studi banding internasional ini adalah kegiatan yang rutin untuk siswa-siswi yang berprestasi semenjak tahun 2006 lalu, katanya disela-sela kunjungan ke Sekolah Bawah dan Menengah Kebangsaan KLIA Negeri Sembilan.

Tujuan studi banding internasional ini, tidak hanya reward jalan-jalan dari Pemerintah Daerah untuk siswa beprestasi, tapi dibalik itu siswa dapat memetik nilai-nilai positif, melihat kemajuan daerah lain dan berbagai kegiatan pembelajaran yang dilakukan sekolah yang di kunjungi tersebut, ucapnya.

Hasil dari program ini telah dirasakan, Tanah Datar adalah kabupaten dengan jumlah siswa terbanyak diterima di Perguruan Tinggi Negeri dalam beberapa tahun terakhir di Provinsi Sumatera Barat. Salah satu kunci keberhasilannya adalah meningkatnya motivasi belajar siswa untuk berkompetisi menjadi yang terbaik. Siswa-siswa yang sudah pernah ikut, wawasannya berkembang sehingga tertanam di hati mereka tekad melanjutkan ke perguruan tinggi favorit, ulas Bupati.



Sementara Kepala Sekolah Menengah KLIA Puan Norashikin Binti Jantan, merasa iri dengan program tahunan Kabupaten Tanah Datar. Menurutnya apa yang dilaksanakan Tanah Datar, beri manfaat yang besar untuk kemajuan siswa menyongsong masa depannya, kata Puan saat menyambut delegasi dari Tanah Datar.

Puan Norashikin juga menyambut baik rencana kerjasama dengan program pertukaran pelajar yang juga di dukung oleh pejabat dinas pendidikan dan Kepala Sekolah Dasar  setempat yang turut hadir menyambut kunjungan rombongan studi banding.

Ikut pada kunjungan tersebut, istri bupati Ny. Emi Irdinansyah Tarmizi, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan beserta Kepala UPT Dinas Pendidikan Berprestasi, Kepala Sekolah dan Pengawas berprestasi, Guru berprestasi, Tenaga Kesehatan Berprestasi, dinas instansi terkait dan  siswa berprestasi akademik.

Pada kesempatan tersebut rombongan juga menampilkan kesenian tradisional, tari dan silat dihadapan ribuan siswa di sekolah tersebut, dilanjutkan kunjungan lapangan untuk melihat proses belajar dan mengajar. 

Direncanakan besok Jum’at (2/11) dilanjtkan kunjungan ke Kedutaan Besar Indonesia di Kuala Lumpur Malaysia dan setelah itu dilanjutkan perjalanan ke Singapura. (Hp/put)
×
Kaba Nan Baru Update