Notification

×

Iklan

Iklan

Lomba Sulam Seribu Kerudung dan Ragam Kuliner Khas Bakal Meriahkan Bukittinggi Fiesta 2018

10 Desember 2018 | 15.38 WIB Last Updated 2018-12-10T08:38:10Z

Bukittinggi -- Lomba sulam 1000 kerudung dan festival kuliner khas Bukittinggi bakal ikut memeriahkan acara Bukittinggi Fiesta 2018.

Event yang digagas Dekranasda ini, dibuka langsung Wakil Walikota Bukittinggi bersama unsur Forkopimda, di Lapangan Wirabraja Bukittinggi, Senin (10/12).

Ketua Dekranasda Bukittinggi, Ny. Yesi Endriani Ramlan, selaku Ketua Panitia, menjelaskan, Bukittinggi fiesta 2018, dilaksanakan dalam rangka memperingati Hari Jadi kota Bukittinggi ke 234, sekaligus peringatan Hari Ibu Nasional tingkat kota Bukittinggi.

Ada enam kegiatan yang akan dilaksanakan dalam Bukittinggi fiesta 2018, yang diawali dengan lomba sulam 1000 kerudung dan kuliner khas.

“Lomba sulam 1000 kerudung diikuti oleh peserta yang berasal dari kelurahan yang ada di Bukittinggi, komunitas dan organisasi perempuan serta ormas di Bukittinggi. Lomba ini bertujuan untuk mengangkat kembali warisan leluhur yang ulai ditinggalkan generasi muda kita,” jelas Ny. Yesi.

Ada beberapa jenis sulam yang diperlombakan, diantaranya, sulam jenis kepalo samek, sulam suji caia, sulam terawang, sulam bayang dan sulaman kristik.
Sedangkan festival kuliner khas Bukittinggi, memang menampilkan, berbagai macam makanan khas Bukittinggi. “Seperti, cindua langkok, lamang tapai, katan sarikayo, lompong sagu, kacimuih, onde-onde dan makanan khas lainnya,” tambahnya.

Lebih lanjut, Yesi juga memaparkan beberapa perlombaan yang dilaksanakan mulai tanggal 10 Desember, dalam rangka Bukittinggi Fiesta 2018 ini. Diantaranya, lomba daur ulang yang diprakarsai oleh dinas lingkungan hidup, pameran bunga oleh dinas pertanian dan ketahanan pangan. Selain itu jiga akan diselenggarakan beberapa kegiatan yang diinisiasi oleh Dekranasda Bukittinggi selama satu minggu kedepan.

Sementara itu, Wakil Walikota Bukittinggi, Irwandi, mengapresiasi inovasi dari dekranasda dan partisipasi dari seluruh peserta yang ikut dalam kegiatan Bukittinggi Fiesta 2018. Kegiatan ini tentu sangat membantu pemerntah dalam pengembangan dan peningkatan minat masyarakat akan keanekaragaman masakan dan sulaman Bukittinggi.

“Secara keseluruhan kita dari pemko sangat mendukung Bukittinggi Fiesta 2018 ini. Temanya, mari cintai produk anak nagari dengan melestarikan kuliner dan sulam Bukittinggi. Tentunya nanti kedepan akan kita upayakan bagaimana produk bordir/sulam sebagai seragam pemko Bukittinggi,” ujar Irwandi.

Wawako juga berharap, kuliner khas Bukittinggi, juga perlu dilestarikan di tengah masyarakat, agar tidak terpinggirkan dengan makanan yang global. Bahkan tidak tertutup kemungkinan, menu hote di Bukittinggi juga dimasukkan kuliner khas Bukittinggi ini.( Ril / Kaba12)

×
Kaba Nan Baru Update