Notification

×

Iklan

Iklan

Mengangkat Tema "Surat Kabar", Karnaval Seni 16 Sedot Animo Penonton

29 April 2019 | 08.02 WIB Last Updated 2019-04-29T01:02:56Z

Padang Panjang --- Dengan mengoptimalkan pelataran Gedung Pertunjukan Hoerijah Adam sebagai salah satu tempat artistik outdoor, mahasiswa ISI Padangpanjang angkatan 2016 menampilkan acara Karnaval Seni 16.

Tak hanya pelataran gedung pertunjukan Hoerijah Adam, lobi depan gedung Prodi Seni Teater juga disulap menjadi media panggung pada kegiatan tersebut.

Acara yang diprakarsai oleh seluruh mahasiswa Angkatan 2016 ISI Padangpanjang ini menyuguhkan berbagai persembahan karya seni yang memanjakan para penikmatnya. Mulai dari pertunjukan seni, pameran berbagai karya seni rupa, dan diskusi dan pemutaran film. 

Pada Karnaval Seni 16 ini, mahasiswa angkatan 2016 ISI Padangpanjang mengusung suatu tema “Surat Kabar”.
Tema ini bermakna tentang suatu media pemberitahu informasi kepada orang banyak. Surat kabar menjadi suatu makna penganalogian suatu karya seni yang juga menjadi suatu media  bermuatan informasi.

Dalam makna yang lain, menggambarkan bahwa kesenian merupakan salah satu fungsi sebagai penyampai berita. Dalam berita banyak  tujuan tersirat dari komposisi yang saling tumpang tindih.

Disini pesan yang ingin disampaikan adalah kekompakkan dan kebersamaan dari semua angkatan 2016 akan menjadi suatu berita yang baik bagi orang yang menikmati persembahan acara ini.

Acara Karnaval Seni 16 yang diketuai oleh Stevan Salas ini dimulai dengan pawai budaya, kemudian dibuka secara resmi oleh Firdaus,S.St.,M.Hum (Pembantu rektor III bidang kemahasiswaan) pada 10:00 WIB. 

Setelah dibuka secara resmi, Susandra Jaya,S.Sn.,M.Sn yang merupakan pembimbing kegitan juga turut memberikan masukan yang berarti dalam sambutannya. Usai melakukan pembukaan, acara dilanjutkan dengan persembahan berbagai karya seni dari semua angkatan 2016 ISI Padangpanjang.

Acara ini digelar dari tanggal  22-23 April 2019 turut dimeriahkan oleh beberapa bintang tamu yang juga berpartisipasi dengan karya-karya mereka diantaranya, Taman Bunga, Good Morning, B3 Mime, Project, Daun Kering dan beberapa komunitas lainya.

Kegiatan ini dirancang oleh angkatan 2016 ISI Padangpanjang sebagai wadah baru bagi semua angkatan di ISI Padangpanjang.
Banyak harapan agar kegiatan ini dapat memberikan motivasi yang berarti bagi mahasiswa angkatan-angkatan lain di ISI padangpanjang untuk melaksanakan kegiatan yang serupa. Sekaligus penyatuan dari semua jurusan .

Satu hal yang perlu dicatat, kegiatan ini bisa menjadi daya tarik tersendiri bagi masing-masing orang yang menikmatinya.

Ada beberapa masukan untuk perbaikan dari kegiatan ini, yaitu durasi masing-masing pelaksanaan kegiatan. Mahasiswa angkatan 2016 ISI Padang Panjang merasa kurang waktu untuk pertunjukan, pameran dan diskusi. Sehingga acara yang demikian banyak tidak memberikan suatu peluang daya tarik yang lebih untuk jenis acara agar dapat tanggapan lebih dari penonton.

Dari rangkaian dan bentuk acara yang dihadirkan memberikan kesan yang berbeda bagi setiap penonton yang datang. Dengan waktu yang cukup, diharapkan animo penonton lebih meningkat lagi.

Dokumentasi oleh :Ayuni Rachman
Salah satu karya yang ditampilkan pada Karnaval Seni 16 ISI Padangpanjang

Hal yang menarik dari kegiatan ini adalah animo dan antusias penonton untuk menyaksikan acara yang dilangsungkan oleh angkatan 2016.

Hal ini tergambar dari semangat para penonton untuk bertahan dan menyaksikan kegiatan meskipun cuaca dalam keadaan hujan. Dalam keadaan cuaca yang demikian, proses pelaksanaan kegiatan tetap berjalan sebagaimana mestinya. Acara demi acara berjalan sampai larut malam dengan penonton yang tetap bersemangat menunggu  acara ini sampai akhir.

Reportase: Ayuni Rachman
×
Kaba Nan Baru Update