Notification

×

Iklan

Iklan

Usai Pimpin Sholat Taraweh di Rutan Kelas II B Sawahlunto, Mayor INF. Irwan Basukiono, S.Ag Beri Siraman Rohani pada Napi

08 Mei 2019 | 15.06 WIB Last Updated 2019-05-08T08:06:26Z


Sawahlunto - Danramil Koramil 01/Sawahlunto, KODIM 0310/SS, Mayor INF. Irwan Basukiono, S.Ag pimpin Sholat Isya dan Taraweh berjamaah di Mesjid Attaubah yang berada dilingkungan Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas II B Kota Sawahlunto, Selasa malam (7/5).

Dalam kunjungan Tim Koramil 01/Sawahlunto ke Rutan Kelas II B malam itu, Mayor INF. Irwan Basukiono, S.Ag yang juga merupakan seorang Mubaligh (Peceramah) berkesempatan memberikan siraman rohani kepada jemaah Rutan yang melaksanakan Sholat Taraweh di Mesjid Attaubah.

Kepada jemaah Taraweh Rutan malam tadi, Mayor INF. Irwan Basukiono, S.Ag menyampaikan kepada Jemaah tentang hikmah yang terkandung saat menjalankan Ibadah Puasa bagi umat Muslim.

"Dua Hikmah yang akan didapatkan umat Muslim saat menjalani Ibadah Puasa di Bulan Suci Ramadhan ini. Yang pertama Hablum Minallah dan yang kedua adalah Hablum Minannas", tukas Irwan.

Dijelaskan Irwan dalam ceramahnya, "Hablum Minallah" merupakan hubungan yang terjalin oleh umat kepada Allah SWT, yaitu kewajiban ibadah puasa bagi orang-orang yang beriman. Serta, sambung Irwan, bagi umat muslim yang sedang melaksanakan Ibadah puasa di Bulan Ramadhan ini diharapkan akan termasuk golongan orang-orang Bertaqwa kepada Allah SWT.

Sedangkan, lanjut Irwan lagi, yang dimaksud dengan "Hablum Minannas" merupakan hubungan kepada sesama manusia. Irwan juga mengingatkan, bagi sesama umat Muslim untuk dapat merasakan apa yang dirasakan saudaranya yang berada dalam keadaan kekurangan.

"Coba kita semua rasakan keadaan saudara-saudara kita diluar sana yang berada dalam keadaan kekurangan. Mungkin saudara kita tersebut kekurangan makanan. Kondisi dimana mereka didera rasa lapar dan haus dikarenakan faktor ekonomi. Mari kita coba rasakan apa yang saudara kita itu rasakan. Lakukan hal tersebut dengan rasa ikhlas, Insyaa Allah, dengan sendirinya akan menimbukan rasa simpati serta keinginan untuk bisa saling menolong sesama", jelas Danramil bertitle Sarjana Agama yang dikenal murah senyum ini.

Dihadapan Jemaah yang terdiri dari petugas Rutan Kelas II B Sawahlunto, warga binaan kurang lebih 65 orang, anggota TNI dari Koramil 01/Sawahlunto dan anggota Kepolisian dari Polsek Kota Sawahlunto, Irwan, Danramil yang kerap memberikan tausyiah Agama ini berpesan agar selalu menjaga persaudaraan serta persatuan dan kesatuan Bangsa ini.

"Ibarat Pepatah Minang, "Kabukik Samo Mandaki, Kalurah Samo Manurun" yang berarti senasib sepenanggungan atau solidaritas. Senada dengan pepatah minang yang berkaitan tentang kekompakan dan solidaritas, peribahasa "Bersatu Kita teguh, bercerai Kita runtuh", ini juga menjelaskan bagaimana pentingnya untuk bisa seiya sekata, menjaga persaudaraan dan bersama menjaga persatuan dan kesatuan Bangsa kita," tegas Irwan.

Dipenghujung ceramahnya, Danramil 01/Sawahlunto Mayor INF. Irwan Basukiono, S.Ag kembali lagi menghimbau kepada sesama umat Muslim, khususnya bagi yang mendengarkan penyampaian tausyiahnya malam itu, agar dapat selalu menjaga persatuan baik umat maupun persatuan dan kesatuan Bangsa.

Sehubungan dengan mejaga kerukunan dan persatuan umat serta Bangsa, Irwan mengutip sabda Nabi Muhammad SAW.
"Rasulullah Shallallahu'alaihi wa salam bersabda, Al Jama'ah aturrahmah, Walfirqatul Adzab,  yang artinya, berjamaah membawa rahmad, berpecah-belah membawa adzab dan kesengsaraan", kutipnya.

Kegiatan di Rutan Kelas II B pada selasa malam yang dimulai ba'da Isya tersebut, merupakan bagian kegiatan rutin monitor wilayah oleh Koramil 01/Sawahlunto yang langsung dipimpin Danramil Mayor INF. Irwan Basukiono S.Ag. Kegiatan monitor wilayah disertai ceramah Agama oleh Danramil 01/Sawahlunto ini berlangsung tertib. Kegiatan berakhir pukul 21.00 dengan aman dan lancar.(dyko)
×
Kaba Nan Baru Update