Notification

×

Iklan

Iklan

Ciptakan Inovasi Terbaru, Polres Solok Kota Gunakan Perangkat Survei Online Untuk Menuju WBBM

29 Agustus 2019 | 13.03 WIB Last Updated 2019-08-29T06:03:44Z

Solok - Dalam rangka pembangungan zona integritas menuju Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM), Polres Solok Kota meluncurkan inovasi terbaru berupa survei kepuasan masyarakat online dengan perangkat pendukung survei berupa 5 unit tablet yang akan ditempatkan di ruang-ruang pelayanan.

Lima unit tablet tersebut diserahkan Kapolres Solok Kota AKBP Dony Setiawan, S.Ik.,M.H., kepada perwakilan petugas pelayanan saat apel pagi, Rabu (28/8) di lapangan apel Polres Solok Kota.

Direncanakan 5 unit tablet tersebut akan dipasang sebanyak 2 unit di pelayanan front office (FO) dan masing-masing 1 unit di ruang pelayanan Sentra Pelayanan Kepolisian Terpadu (SPKT), pelayanan Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) dan Surat Izin Mengemudi (SIM).

Kapolres Soloik Kota menjelaskan bahwa survei online yang sudah dilaksanakan sejak tanggal 20 Agustus 2018 dengan total responden sebanyak 155 orang merupakan survei mandiri kepuasan masyarakat triwulan III, sebagai kelanjutan dari survei mandiri yang telah dilaksanakan sebelumnya.

Dony menerangkan tujuan jajaran Polres Solok Kota beralih dari survei manual ke survei online adalah agar pelaksanaan survei dapat lebih efektif dan efisien, menggantikan peran personil yang melakukan survei dengan teknologi, menghemat waktu, mempermudah proses analisa hasil survei dan merumuskan tindak lanjut hasil survei, mempermudah masyarakat untuk mengisi hasil survei, memungkinkan masyarakat untuk mengisi jawaban survei dengan jujur dan objektif tanpa pengaruh petugas survei serta dapat menjangkau responden yang lebih luas dengan mengirim link survei online kepada masyarakat.

Bila ada masyarakat yang tidak bisa disurvei setelah selesai menerima layanan kami karena ada keperluan yang tidak bisa ditinggalkan, petugas dapat mengirimkan link survei kepada masyarakat, dan masyarakat dapat mengisi survei tersebut dimana saja menggunakan handphone. Hal ini sulit dilakukan bila masih menggunakan metode survei manual, pungkas Dony.

Dony menambahkan bahwa selain untuk survei online, penempatan tablet tersebut di ruang-ruang pelayanan dapat dimanfaatkan oleh petugas pelayanan untuk mensosialisasikan standar pelayanan, layanan online via website dan android, akses pengaduan dan fasiltas layanan, merespon live chat dan layanan online androd “paga nagari”.  

Tidak hanya itu, tablet tersebut juga dapat dimanfaatkan masyarakat untuk self service menelusuri informasi layanan ataupun informasi lainya yang disajikan Polres Solok Kota.

Dony memotivasi jajarannya bahwa untuk membangun zona integritas unit kerja harus melaksanakan survei mandiri terkait pelayanan publik dan persepsi anti korupsi sebagaimana diatur dalam Permenapan RB RI terbaru Nomor 10 Tahun 2019 tentang Pedoman Pembangunan Zona Integritas Menuju WBK dan WBBM Di Lingkungan Instansi Pemerintah.

Untuk meningkatkan kualitas pelayanan, pelayanan publik kita harus berorientasi pada pelanggan (customer-oriented). Bukan kita yg ngaku-ngaku bahwa pelayanan kita sudah bagus, tapi pelanggan lah yang menentukan.

Dony menghimbau kepada masyarakat yang berbesar hati ingin berpartisipasi untuk meningkatkan kualitas pelayananan publik kami, dipersilahkan untuk mengklik dan mengisi link survei kepuasan masyarakat di bawah ini;

https://docs.google.com/forms/d/e/1FAIpQLSdBVfsBvTsDWI2mMg1kusxkg7XTD6if7q9neNbecZBKM9WepQ/viewform. (Nal)
×
Kaba Nan Baru Update