Notification

×

Iklan

Iklan

Pasar Padang Panjang Sepi

05 Agustus 2019 | 20.42 WIB Last Updated 2019-08-05T13:42:34Z



Padang Panjang -- Banyak pedagang kebutuhan harian dan pakaian di pasar Padang Panjang mengeluh karena sepi tidak jual beli.

Salah seorangnya Y. Dt. Rajo Alam  pedagang kebutuhan harian di pasar penampungan jalan lingkar, Kota Padang Panjang. Dia mengaku akhir-akhir ini warungnya sepi pembeli.

Ketika disambangi,  Senin (5/8) sore, Y.Dt. Rajo Alam mengatakan, transaksi jual beli belum sampai Rp. 1 juta. Biasanya setiap hari pekan di pasar Padang Panjang,  Senin dan Jum'at dia berjual beli lebih dari Rp. 3 juta.

"Akhir-akhir ini terasa lesu. Pasar sepi,  tidak seramai dulu lagi, " katanya.

Hal senada juga dirasakan Ali yang juga berdagang kelontong bahan kebutuhan harian. Dia sampai sore itu berjual beli baru Rp. 300. 000.

"Tidak biasanya seperti ini. Masa' hari pekan 300.000. Tapi itulah kenyataan," kata Ali yang berwarung dekat Rajo Alam.

Kelesuan melanda pasar Padang Panjang kata Rajo Alam, disebabkan karena masyarakat pergi ke pasar itu sudah berkurang. Sebab warung-warung di kampung-kampung telah menyediakan barang yang sama dengan di pasar.

Selama ini,  kata Rajo Alam,  yang meramaikan pekan Senin dan Jum'at di Padang Panjang adalah masyarakat Batipuh Sepuluh Koto, Tanah Datar. Tapi kini masyarakat itu sudah tidak sebanyak dulu lagi pergi di hari pekan ke Padang Panjang.

Dia menambahkan, dulu emak-emak di kampung-kampung itu,  menukar hasil sawah ladang mereka ke Padang Panjang di hari Senin dan Jum'at. Setelah itu mereka belanja kebutuhan harian dan pakaian.

Sekarang pedagang sudah menjemput hasil panen ke kampung-kampung. Pedagang itu juga ada menjual kebutuhan harian dengan mobil keliling di kampung-kampung.

"Itu salah satu penyebab pasar tidak seramai dulu," katanya.

Sedangkan Ali menambahkan. penyebab pasar lengang, antara lain adalah belanja online sudah marak akhir-akhir ini. Termasuk daerah Batipuh Sepuluh Koto sekitar Padang Panjang yang mudah dijangkau jasa penjual online.

Namun demikian dia berharap kepada pemerintah  setempat untuk menata pasar dengan baik dan rapi.  Sehingga pasar Padang Panjang menarik untuk dikunjungi.

Walikota Padang Panjang melalui Sekretaris Dinas Kominfo Ampera Salim mengatakan,  memang di mana-mana saat ini pasar tradisional itu sepi.  Namun untuk Padang Panjang Pemko setempat, tetap berupaya meramaikan pasar Padang Panjang agar pedagang  banyak berjual beli. (**)
×
Kaba Nan Baru Update