Notification

×

Iklan

Iklan

Nagari Sungai Duo Dicanangkan Sebagai Nagari Statistik, Pertama di Indonesia

05 September 2019 | 11.23 WIB Last Updated 2019-09-05T04:23:26Z

Dharmasraya, Pasbana -- Kabupaten Dharmasraya kembali mencatatkan sejarah baru, dengan dicanangkannya Nagari Sungai Duo sebagai Nagari Statistik pertama di Indonesia, Rabu (04/09). 

Pencanangan nagari statistik bertajuk "Dari Nagari Mencatat Indonesia" yang dilaksanakan di Lapangan Nagari Sungai Duo ini dihadiri oleh Kepala BPS Sumatera Barat, Sukardi, serta turut disaksikan oleh Kepala Dinas Kominfo dari seluruh kabupaten dan kota se Sumatera Barat.

Bupati Dharmasraya, Sutan Riska Tuanku Kerajaan yang turut didampingi Wakil Bupati, H. Amrizal Dt Rajo Medan, dalam kesempatan tersebut menyampaikan, pencanangan Nagari Statistik ini merupakan wujud komitmen Pemerintah Kabupaten Dharmasraya untuk ikut berkontribusi dalam mewujudkan Satu Data Indonesia, sebagaimana yang digaungkan Presiden RI. 

 "Suatu kebanggaan dan kegembiraan tersendiri bagi kami tentunya, bahwa Dharmasraya mampu berbuat sesuatu yang baik untuk negeri ini dan dapat menjadi contoh bagi yang lain. Semoga pembentukan Nagari Statistik yang kita gagas ini dapat berjalan dengan baik dan menular ke seluruh nagari yang ada di Dharmasraya, dan mungkin juga daerah-daerah lain di Indonesia," ujar bupati.

Maka dari itu, bupati berharap peran semua pihak untuk dapat bersama mendukung Nagari Statistik di Dharmasraya dalam rangka meningkatkan kualitas serta tata kelola data di Dharmasraya. Sebab, menurut bupati, keberhasilan dalam mengelola dan mengembangkan kualitas data, akan mampu memperbaiki segala segi pembangunan dan mempercepat terwujudnya masyarakat yang sejahtera. 

"Masalah data adalah masalah yang urgen.
Apabila data di nagari salah, akan berdampak besar dalam menempatkan program dan kegiatan oleh pemerintah daerah, pemerintah provinsi, maupun pemerintah pusat. Untuk itu, mari kita dukung dan sukseskan bersama Nagari Statistik yang sudah kita bentuk ini," tandas bupati.

Sementara itu, Kepala BPS Sumatera Barat,  Sukardi, yang hadir mewakili Kepala BPS RI pada kesempatan itu menyampaikan apresiasi luar biasa kepada Pemerintah Kabupaten Dharmasraya yang sudah melahirkan Nagari Statistik pertama di Indonesia. "Ini adalah sejarah baru dalam dunia perstatistikan Indonesia.(ril)
×
Kaba Nan Baru Update