Notification

×

Iklan

Iklan

Minang Geopark Run 2019 Sukses Digelar di Lubuk Basung dan Besok di Bukittinggi

30 November 2019 | 22.50 WIB Last Updated 2019-11-30T17:04:12Z


Agam - Sukses menggelar Minang Geopark Run 2018, panitia geopark run series bekerja sama dengan Dinas Pariwisata Provinsi Sumatera Barat kembali menggelar Minang Geopark Run 2019 pada tanggal 30 November di Kabupaten Agam dan tanggal 1 Desember 2019 di Kota Bukittinggi. Minang Geopark Run 2019 yang menjadi ikon sport tourism Sumatera Barat, memiliki tujuan yang sama dengan acara sebelumnya yaitu mempromosikan dan memperkenalkan potensi wisata serta keindahan alam, khususnya geopark di Sumatera Barat melalui olahraga lari.

Ketua Panitia Minang Geopark Run 2019, Yulis Viva Tri Saputra biasa dipanggil Iv mengatakan, "Alam di Kabupaten Agam cocok untuk menggelar kegiatan ini termasuk Pemerintah Kabupaten Agam tampak siap mendukung minang geopark run 2019 ini." Sabtu, (30/11)

Lanjut Iv, kami berterima kasih kepada seluruh pihak yang sudah berpartisipasi termasuk kepada rekan-rekan media dalam mendukung kegiatan ini. Pada saat start Bupati Agam, Indra Catri langsung melepas seluruh peserta lomba. Ada dua kategori yang kita gelar pada hari ini, yakni kategori ultra (perorangan) dan kategori ultra tim 10. Semua peserta tadi melewati rute dari lubuk basung, lawang park dan finish di ngarai tabiang takuruang dengan jarak tempuh sepanjang 65 km.

"Alhamdulillah sejak start hingga finish semua kegiatan berlangsung aman hingga berakhir di ngarai tabiang takuruang dan sudah ada juara 1, 2 dan 3, baik kategori ultra maupun kategori ultra tim 10," ujarnya.

Hadir diacara penutupan Minang Geopark Run 2019 di di ngarai tabiang takuruang, Kabupaten Agam diantaranya, Wakil Bupati Agam, Trinda Farhan Satria, Asisten Deputi Managemen Strategi Pemasaran Kementerian Pariwisata RI, Oni Yulfian, Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Sumbar, Novrial. serta Forkopimda Kabupaten Agam.

Sementara itu Bupati Agam Indra Catri mengatakan, "Kegiatan ini salah satu bentuk promosi dan memperkenalkan potensi wisata serta keindahan alam yang dimiliki Kabupaten Agam. Kita berharap selain tingkatkan potensi wisata juga dapat meningkatkan kualitas dan kuantitas perekonomian masyarakat di seputar Kabupaten Agam."

Selain itu Iv menambahkan, untuk Minang Geopark Run 2019 yang akan berlangsung pada tanggal 1 Desember 2019 di Kota Bukittinggi mengambil tema explore geopark. Untuk total seluruh peserta jika digabung Di Kabupaten Agam dan Bukittinggi mencapai sekitar 1500 peserta.

"Ada tiga pilihan jarak tempuh yang dapat dipilih oleh pelari yakni jarak 5K, 10K dan 21K dengan rute Jam Gadang, Lobang Japang, Janjang Saribu dan Benteng Fort De Kock dan seluruh peserta kategori perorangan," tutup Iv. (Rizky)
×
Kaba Nan Baru Update