Longsor, Akses Jalan Nagari Taruang Tarung - Sungai Durian Lumpuh

Iklan Semua Halaman


Longsor, Akses Jalan Nagari Taruang Tarung - Sungai Durian Lumpuh

11 February 2020


Solok -- Akibat  Hujan deras yang mengguyur kawasan Kabupaten Solok dan sekitarnya telah menyebabkan terjadi longsor di jalan kabupaten di kawasan Nagari Taruang Taruang  kecamatan IX koto Sungai Lasi, Selasa  (11/02/2020).

Longsor yang menutupi badan jalan tersebut di jorong pangkua kociak nagari Taruang Taruang, Guguak Taruko, Guguak Polan dan Pendakian Ana, sempat menyebabkan akses ke empat Nagari  di daerah tersebut  lumpuh, sehingga anak-anak dan warga yang hendak pergi sekolah dan beraktifitas terganggu.

Akses jalan yang terganggu menuju keempat Nagari itu masing-masing dari Kecamatan IX Koto Sungai Lasi. ke Nagari Taruang Taruang, Siaro aro, Bukit Bais dan Nagari Sungai Durian.

Akibat longsor tersebut menyebabkan kendaraan jenis apa pun tidak bisa melintasinya, karena tumpukan material tanah longsor tersebut memenuhi badan jalan.



Wali Nagari Taruang  Taruang Rushimal Ulya, Datuak Panjang yang belum hitungan Bulan dilantik Bupati Solok langsung turun kelokasi longsor bersama masyarakat dan Babinsa Koramil Sungai Lasi Kodim 0309/Solok berusaha membersihkan puing  longsor tersebut.

Namun karena antusias Masyarakat yang begitu tinggi dan rasa kegontoroyongan yang sangat kental dan selalu terjaga di masyarakat nagari Taruang Taruang, masyarakat bersama personil  koramil Sungai lasi Kodim 0309/Solok  berjibaku membersihkan jalan yang longsor akibat hujan deras tersebut.


Ketika dikonfirmasi Kepala Dinas PUPR Kabupaten Solok melalui Kabid Bina  Marga Elfiandi Ibrahim membenarkan Kejadian ini berdasarkan laporan dari wali nagari Taruang Taruang. "Tim akan turun meninjau kelokasi bencana longsor  tersebut dan secepatnya akan kita tangani karena ini menyangkut perekonomian masyarakat maupun tranfortasi," jelasnya.

Sementara itu wali nagari Taruang Taruang mengatakan longsor yang terjadi menutup ruas jalan di beberapa titik namun tidak ada mengenai rumah warga namun dengan kejadian ini transportasi warga jadi terganggu. hingga saat ini masyarakat bersama TNI Secara swadaya bergontong royong mengupayakan agar akses jalan bisa di lalui kendaraan roda dua. (Nal)
loading videos
Loading Videos...