Notification

×

Iklan

Iklan

Air Terjun Proklamator, Destinasi Alam Yang Mudah Dijangkau Dari Padang Panjang

26 September 2020 | 14.25 WIB Last Updated 2020-09-26T07:35:30Z


Padang Panjang --  Destinasi ini merupakan Air terjun dengan pemandangan alam menarik yang perlu Anda kunjungi. Lokasinya memang berada di wilayah administratif Kabupaten Tanah Datar, namun sangat dekat dengan Kota Padang Panjang.

Namanya air terjun Proklamator,  terletak tidak jauh dari Lembah Anai, tepatnya di Kanagarian Singgalang, Sapuluah Koto, Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat.

Air terjun ini termasuk salah satu destinasi baru di Sumatera Barat. Diberi nama Proklamator, karena air terjun ini ditemukan pertama kali oleh Mahasiswa Pecinta Alam Proklamator, Universitas Bung Hatta, saat membuka jalur pendakian dikawasan tersebut pada tahun 2020, beberapa waktu lalu.

Akses masuk ke air terjun ini adalah di seberang jalan rumah makan Manggung. Rumah makan mangguang terletak sebelum air terjun Lembah Anai jika dari arah Bukittinggi menuju Kota Padang.

Jarak tempuh ke air terjun Proklamator sekitar 40 menit dengan berjalan kaki dari jalan utama, selama perjalanan kita melewati jalan yang cukup ekstrem namun bisa di lewati karena ada pagar pembatas di buat oleh pengelola disana, karena tidak bisa di tempuh dengan kendaraan sampai ke lokasi. Kendaraan hanya bisa dititipkan di parkiran rumah makan. Usahakan jangan datang saat weekend, karna wisatawan yang datang cukup ramai.

Keindahan yang ditawarkan air terjun khas aliran air Gunung Singgalang ini tidak kalah dengan wisata air terjun lainnya. Menyajikan pemandangan air terjun dari berbagai sisi. Air terjun Proklamator Sumbar akan sangat menyejukkan mata kita bila melihatnya. Air yang mengalir terlihat sangat jernih sehingga kita dapat merasakan Iangsung kejernihan airnya dan juga kita bisa berenang di air terjun tersebut untuk merilekskan badan yang penat saat berjalan menuju ke air terjun.

Keadaan alam saat kita berada di air terjun proklamator adalah kita di suguh kan dengan pemandangan air yang jernih dan  kita bisa melihat apa yang ada di bawahnya.

Dan juga di sekitaran air terjun ada bebatuan alami yang bisa di pakai untuk duduk melepas penat selama perjalanan menuju ke sana dan juga bisa dijadikan spot poto yang keren dan menarik untuk di post di sosial media kita.

Air terjun proklamator ini bisa meningkatkan pariwisata daerah tersebut karena bisa menjadi referensi liburan baru bagi wisatawan SUMBAR maupun di luar SUMBAR karena air terjun ini tergolong baru sehingga cocok buat melepas penat setelah lama bekerja.

Karena tergolong baru tentu fasilitas di sini masih belum ada, namun dijamin masih terjaga keasrianya dan tempatnya juga terjaga kebersihannya agar pengunjung nyaman berada di sana. Jika Anda ingin berkunjung maka cukup membayar biaya parkir sebesar Rp5000, dan juga akses ke area air terjun sebesar Rp10.000.

Air terjun proklamator memang belum memiliki fasilitas (cuma tempat parkir) namun tempat ini sudah mengharuskan membayar simaksi untuk masuk.

Tetapi di masa pandemi sekarang bila masuk ke wisata air terjun proklamator pengunjung di wajibkan memakai masker dan menjaga jarak dengan pengunjung yang lain agar kita terhindar dari berbagai virus.

Dan jika Anda ingin berkunjung ke air terjun Proklamator ini, jangan lupa untuk singgah ke Kota Padang Panjang. Ragam sajian kuliner yang memanjakan lidah kita tersedia di Kota berhawa sejuk ini. Untuk fasilitas hotel dan penginapan, Kota Padang Panjang memiliki beberapa hotel dan penginapan yang nyaman dengan harga yang terjangkau. (RA/ Put)

×
Kaba Nan Baru Update