Notification

×

Iklan

Iklan

Bupati Pasaman Resmikan Pencanangan Vaksin Covid-19

29 Januari 2021 | 16.53 WIB Last Updated 2021-01-29T09:53:26Z



Pasaman -- Bupati Pasaman H.Yusuf Lubis SH, MSi resmikan pencanangan vaksinasi Covid - 19 di Puskesmas Lubuk Sikaping (29/1/2021).


Bupati Pasaman H.Yusuf Lubis dalam sambutannya menyampaikan pelaksanaan gerakan vaksinasi Covid - 19 yang direncanakan secara serentak di seluruh Sumatera Barat merupakan salah satu upaya untuk mencegah dan memberantas penyakit yang disebabkan oleh virus Covid - 19, sehingga provinsi Sumatera Barat dapat meminimalisir penularan bahkan jika Allah swt berkehendak tidak ada yang tidak mungkin baginya sehingga kita terbebas dari Virus Covid - 19 tersebut khususnya di Kabupaten Pasaman.


Yusuf Lubis juga menambahkan sudah banyak masyarakat yang menjadi korban bahkan menyebabkan kematian akibat Virus Covid - 19, untuk itu mari kita sadari bersama bahwa Virus yang mewabah saat ini sangat luar biasa imbasnya,"tuturnya.


Ia menghimbau kepada tim vaksinasi Covid - 19 di Kabupaten Pasaman, mari kita bekerja dengan penuh semangat, sabar dan disiplin sehingga kegiatan vaksinasi Covid - 19 ini dapat  dilaksanakan dengan baik,"ujarnya mengakhiri.


Dalam pemberian vaksin Covid - 19 untuk penerima vaksin pertama adalah 10 orang pejabat Forkompinda dan ketua organisasi kesehatan yang di wakili ketua IDI Kabupaten Pasaman.


Kepala Dinas Kesehatan dr Rahardian Suryanta Lubis dalam laporannya mengatakan pelaksanaan launching vaksinasi Covid -19 Kabupaten Pasaman dan pelaksanaan vaksinasi pertama di kabupaten Pasaman yang di peruntukan bagi tenaga kesehatan.


Ia juga menyampaikan jumlah kasus terkonfirmasi sampai tanggal 25 Januari 2021 di Provinsi Sumatera Barat tercatat sebanyak 26.452 orang, sedangkan di Kabupaten Pasaman kasus terkonfirmasi Covid - 19 sebanyak 323 orang sampai tanggal 27 Januari 2021 artinya setiap hari terjadi peningkatan kasus terkonfirmasi Covid 19,"ujar Rahardian.


Rahardian mengatakan sebelum pelaksanaan pemberian vaksinasi Covid -19 ini terlebih dahulu kami terlebih dahulu kami melakukan persiapan dengan mengikuti pelatihan tenaga vaksinator di Rumah Sakit Umum Daerah ( RSUD) Rumah Sakit Yarsi Ibnu Sina dan puskesmas yang ada di Kabupaten Pasaman, pelatihan ini dilaksanakan dan di fasilitasi oleh BAPELKES Kota Batam selain itu kami juga melakukan koordinasi ke Provinsi dalam persiapan logistik dan SDM,"tuturnya.


Sementara Kepala Dinas Kesehatan Sumatera Barat Arry Yuswandi, SKM, M Kes dalam sambutannya menyampaikan saat ini Jumlah yang positif Covid - 19 di indonesia sudah mendekati 1 juta jiwa, untuk di Sumbar 26 ribu lebih, 300 orang lebih di Pasaman dan angka Positif Covid - 19 ini masih tinggi, sementara standar WHO 5 parsen, dan pasaman termasuk positif track nya yang rendah, namun setiap hari tetap ada,"terangnya


Arry Yuswandi juga mengatakan, Perda AKB sudah kita berlakukan dengan tujuan meningkatkan kesadaran masyarakat. Namun, kesadaran masyarakat di Sumbar dalam menerapkan perda AKB tersebut masih diangka 46 parsen, dan masih jauh dari apa yg kita harapkan. (Dim)

×
Kaba Nan Baru Update