Notification

×

Iklan

Iklan

Bencana Longsor Di Nagari Taruang - Taruang, Satu Rumah Warga Runtuh Terbawa Longsor

16 Mei 2021 | 15.45 WIB Last Updated 2021-05-16T08:46:08Z



Solok, Pasbana.com --  Hujan lebat yang mengguyur Kabupaten Solok dan sekitarnya beberapa hari ini mengakibatkan terjadinya bencana longsor di Jorong Balai Okak dan Jorong Pangkua Kociak Nagari Taruang Taruang Kec. IX Koto Sungai Lasi Kabupaten Solok, Provinsi Sumatera Barat, Minggu (16/05) . 


Longsor yang terjadi di Jorong Balai Okak dan Pangkua Kociak Nagari Taruang Taruang ini menyebatkan beberapa infrastruktur sarana prasarana umum dan satu  unit rumah masyarakat runtuh terseret longsor.


Wali Nagari Taruang Taruang Rushimal Ulya,S.Pd didampingi Ketua KAN kepada pasbana.com di lokasi kejadian mengatakan, peristiwa itu terjadi Minggu (16/5) sekitar pukul 11.00 WIB. 


"Longsor yang terjadi  dengan curah hujan tinggi yang mengguyur Nagari Taruang Taruang dalam sepekan, membuat tanah menjadi bergerak dan terjadi bencana longsor di beberapa titik di Nagari Taruang Taruang, " jelas Rushimal Ulya,S.Pd.


Akibat bencana longsor, satu  rumah milik warga atas nama Rusli  yang belum dihuni rusak terbawa material longsor. 


"Ruang kamar tidur, dapur, kamar mandi, dinding, dan lantai rumah ikut tertarik longsor," katanya. 


Dari bencana longsor tersebut diperkirakan kerugian yang dialami warga sekitar Rp 75.000.000,- ( Tujuh Puluh Lima Juta Rupiah ) tidak ada korban jiwa maupun luka dari bencana longsor tersebut, imbuhnya. 


Masyarakat dengan semangat kegotongroyongan yang kental dan  rasa kersamaan yang kuat berjibaku membersihkan puing puing longsor tersebut.


Rushimal Ulya juga menambahkan bahwa Minggu pagi sekitar jam 08.00 WIB, juga telah terjadi bencana longsor di Jorong Balai Okak Nagari Taruang Taruang yang menutupi badan jalan dan satu rumah warga  nyaris terbawa longsor.


Wali Nagari  meminta masyarakat Nagari Taruang Taruang agar  waspadai terhadap  potensi longsor selama hujan deras.


" Apalagi sekarang musim penghujan mari kita waspada dan selalu berhati hati  terhadap bencana longsor, "tutupnya.


Sebagai tambahan informasi, sampai berita ini ditayangkan, belum ada dari pihak terkait Pemerintah Kabupaten Solok yang turun meninjau atau memberikan bantuan kepada masyarakat yang terkena musibah. (Nal)


Berikut video yang berhasil direkam oleh Kontributor Pasbana saat proses pembersihan puing-puing rumah yang runtuh akibat longsor:


×
Kaba Nan Baru Update