Notification

×

Iklan

Iklan

Dukung Pelaku UMKM Berkembang, Kominfo Bangun Ruang Digital dan Ragam Pelatihan

28 Mei 2021 | 10:31 WIB Last Updated 2021-05-28T03:31:09Z

Dukung Pelaku UMKM Berkembang, Kominfo Bangun Ruang Digital dan Ragam Pelatihan


Jakarta - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) sangat serius dalam mendukung para pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM).

Komitmen tersebut, dibuktikan melalui upaya pembangunan infrastruktur telekomunikasi berkualitas di seluruh wilayah tanah air. Agar pelaku usaha tersebut mampu melakukan kegiatan produktif di masa mewabahnya virus global COVID-19.

"Kominfo memberi perhatian dan sangat serius, karena ini sejalan dengan apa yang menjadi perhatian bapak presiden," ujar Staf Khusus Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Philip Gobang ketika membuka Webinar Road To Kilau Digital Permata Flobamora, Kamis (27/5/2021).

Menurut dia, infrastruktur jaringan telekomunikasi yang dibangun tersebut guna mempermudah pelaku UMKM tetap mengakses perdagangan secara dalam jaringan atau daring. Melalui ruang digital yang telah marak tersedia di berbagai platform saat ini.

Dalam kondisi saat ini, penggunaan ruang digital sebagai alternatif yang menggantikan kegiatan dagang secara luring atau tatap muka. Demi, mencegah terjadinya penularan wabah global COVID-19 antar masyarakat.

"Bersamaan dengan itu maka semua usaha-usaha produktif masyarakat melalui UMKM dan sebagainya. Itu didorong sedemikian rupa agar memanfaatkan kesempatan dan peluang dari ruang digital," tuturnya.


Dukung Pelaku UMKM Berkembang, Kominfo Bangun Ruang Digital dan Ragam Pelatihan


Tak hanya itu, Kementerian Kominfo juga melakukan pelatihan digital bagi para pelaku UMKM yang berada berbagai wilayah. Program pelatihan tersebut masuk dalam program nasional Digital Talent Scholarship (DTS) yang diperuntukkan bagi puluhan ribu pelaku usaha di atas.

Tujuan dari pelatihan ini, agar para pelaku UMKM dapat meningkatkan kemampuannya dalam mengolah setiap produk di ruang digital dengan menarik. Supaya, peluang produk di beli oleh pengguna ruang digital sangat besar.

"Banyak pelatihan-pelatihan yang diberikan kepada pelaku UMKM," imbuhnya.

Philip berharap, seluruh lapisan masyarakat dapat memanfaatkan sepenuhnya berbagai kebijakan yang telah dilakukan oleh Kementerian Kominfo dalam mendukung pelaku UMKM. Dengan begitu, besar kemungkinan dapat meningkatkan taraf hidup penduduk Indonesia dimana pun berada.

"Kita memanfaatkan ruang-ruang digital ini untuk mendorong usaha-usaha produktif secara ekonomis," pungkasnya.. (ril/bd)