Notification

×

Iklan

Iklan

Nagari Bukit Bais Dikunjungi Anggota Komisi V DPRI RI Athari Ghauti Ardi dan Dirjen Kementerian PUPR Dr.Ir. Khawali Abdul Hamid

18 Juni 2021 | 07:17 WIB Last Updated 2021-06-18T08:39:48Z


Solok Pasbana.com - Nagari Bukit Bais Kecamatan IX Koto Sungai Lasi Kabupaten Solok Provinsi Sumbar  dikunjungi  Anggota Komisi V DPR RI Partai Amanat Nasional (PAN) Athari Gauthi Ardi bersama dengan Dirjen Kementerian PUPR Dr. Ir. Khalawi Abdul Hamid dalam rangka  menyerahkan Bantuan Program Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) kepada keluarga penerima manfaat Rumah Tidak Layak Huni (RTLH), Kamis (17/06/2021).


Athari Gauthi Ardi dalam Sambutannya menyebut, penyerahan program BSPS merupakan bagian dari agenda Reses Anggota DPR RI untuk menyapa, menjaring, sekaligus mengadvokasi aspirasi masyarakat di daerah pemilihannya.


Menurut Athari program BSPS dari Kementerian PUPR memang sangat dibutuhkan oleh masyarakat terutama sekali bagi masyarakat yang berpenghasilan rendah, dan Alhamdulillah Pada tahun 2021 ini Nagari Bukit Bais mendapat bantuan BSPS sebanyak 50 unit rumah.




Program BSPS juga merupakan salah satu program strategis dari pemerintah pusat untuk mendorong serta meningkatkan keswadayaan masyarakat dalam mewujudkan rumah layak huni. Selain itu program tersebut juga bisa mengurangi beban ekonomi masyarakat ditengah pandemi Covid-19.


Dari pernyataan Wali Nagari Bukit Bais setelah mendapatkan bantuan 50 unit rumah masih ada 62 rumah lagi yang membutuhkan bantuan BSPS sehingga Nagari Bukit Bais terbebas dari rumah tidak layak huni.


“Insya Allah, selama saya masih di DPR RI ini akan saya tuntaskan pada tahun 2022 bersama dengan Bapak Dirjen Perumahan PUPR. Saya akan berjuang membawa aspirasi ini,” ucap Athari.




Lebih lanjut Athari mengatakan, dalam pelaksanaan Program BSPS diharapkan kepada masyarakat penerima bantuan untuk selalu tertib, cepat dengan kualitas yang bagus dan tidak asal jadi dalam pengerjaannya. Karena kita tidak ingin bantuan yang telah diterima hanya berumur 1 atau 2 tahun saja sehingga manfaatnya tidak bisa dirasakan oleh masyarakat.


“Saya dan juga Bupati Solok Bapak H. Epyardi Asda menginginkan setiap pembangunan yang dilaksanakan harus jelas dan dirasakan betul manfaatnya oleh masyarakat Kab. Solok,” terangnya.


 

Dirjen Perumahan PUPR Dr. Ir. Khalawi Abdul Hamid mengucapkan Selamat kepada penerima manfaat dari program BSPS di Nagari Bukit Bais. “mudah-mudahan bantuan ini dapat meringankan beban masyarakat terutama dimasa pandemi ini,” ucapnya.


Selanjutnya, Dr. Ir. Khalawi Abdul Hamid menjelaskan program BSPS yang telah dilaksanakan di Kab. Solok khususnya di Nagari Bukit Bais tidak terlepas dari peranan penuh serta usulan dari ibu Athari Gauthi Ardi sebagai anggota DPR RI yang telah membawa aspirasi masyarakat dan kemudian mengusulkan kepada Kementerian  agar Kab. Solok ini dibantu program BSPS.


“Ini adalah peranan penuh serta usulan dari ibu Athari Gauthi Ardi sebagai anggota DPR RI yang telah membawa aspirasi masyarakat di Kementerian PUPR,” jelas Dirjen.


Bupati Solok H. Epyardi Asda yang juga hadir pada kesempatan itu mengucapkan terimakasih kepada bapak Dirjen Perumahan PUPR Dr. Ir. Khalawi Abdul Hamid dan Anggota Komisi V DPR RI Ibu Athari Gauti Ardi yang sudah memberikan bantuan program rumah BSPS di Kab. Solok khususnya di Nagari Bukit Bais.


“Saya sangat senang dan bangga sekali atas kunjungan Bapak Dirjen Perumahan PUPR. Ini merupakan kunjungan pertama dari pemerintah pusat sejak saya dilantik jadi Bupati Solok”. Ucap Epyardi.


Bupati Solok mengatakan bahwa dengan adanya program BSPS, Kab. Solok sangat terbantu sekali karena beliau menyadari bahwa Kab. Solok saat ini termasuk daerah termiskin di Sumatera Barat dan bahkan menurut data statistik Kab. Solok termiskin nomor 3 setelah Mentawai. Ini harus menjadi cambuk bagi kita untuk selalu bekerja keras dalam membangun Kabupaten Solok.


Dijelaskan dari Alokasi 1500 unit rumah bantuan BSPS untuk Kab. Solok pada tahun ini. bahwa peruntukkannya hanya untuk 45 Nagari sedangkan Kabupaten Solok mempunyai 74 Nagari berarti masih ada sekitar 29 Nagari lagi yang belum mendapatkan jatah rumah. Maka untuk selanjutnya Bupati berharap bantuan untuk Kab. Solok bertambah dari tahun sebelumnya.





Walinagari Bukit Bais Usnidar  mengucapkan terimakasih atas bantuan BSPS yang telah diterima oleh masyarakat Nagari Bukit Bais.


“Kami atas nama pemerintahan Nagari dan masyarakat Bukit Bais berterima kasih kepada ibu Athari Gauthi Ardi, Bapak Dirjen, Bupati Solok dan semua pihak yang telah memberikan program bantuan rumah BSPS di Nagari Kami,” ucap Usnidar.


Kami sangat bersyukur sekali karena tahun ini Kami mendapat bantuan 50 rumah namun kami masih berharap bantuan untuk 62 rumah lagi yang dikategorikan rumah tidak layak huni sehingga Nagari Bukit Bais terbebas dari rumah tidak layak huni.


Disamping rumah layak huni Wali Nagari juga berharap bantuan lainnya seperti bantuan air bersih, Irigasi serta perbaikan akses jalan menuju Nagari Bukit Bais termasuk juga jalan Utama menuju Nagari Bukit bais  yaitu jalan yang menghubungkan 4 nagari yaitu Nagari Taruang Taruang ,Siaro aro, Bukit bais dan Nagari Sungai Durian Yang Kondisinya Sudah Rusak Parah.


Penyerahan bantuan program BSPS tersebut juga dihadiri Oleh  Kepala BNI Cabang Solok Bapak Muhammad Yusril, Wakapolres Solok Kompol Yuswawi, Kepala SKPD dilingkup Pemda Kab Solok, Forkopimda Kab. Solok, Forkopincam IX Koto Sungai Lasi, (Nal)