Notification

×

Iklan

Iklan

Presiden RI Berqurban di Masjid Raya Sumbar, Ada 1.000 Kantong Daging Disiapkan Panitia

17 Juli 2021 | 23:02 WIB Last Updated 2021-07-17T16:02:21Z


PADANG - Sapi kurban dari Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi) untuk masyarakat Provinsi Sumbar, rencananya akan disembelih, Selasa (20/7) di halaman Masjid Raya Sumbar.


Kepala Biro Administrasi Pimpinan (Adpim) Setdaprov Sumbar, Hefdi mengatakan, sebelum sembelih, sapi kurban dari Presiden RI tersebut akan diserahkan melalui Gubernur Sumbar, Mahyeldi Ansharullah kepada Ketua Panitia Kurban Masjid Raya Sumbar.


Panitia kurban nantinya akan menyiapkan 1.000 kantong untuk daging sapi kurban dari Bapak Presiden RI. Di mana dari 1.000 kantong tersebut, sebanyak 200 kantong dibagikan untuk masyarakat sekitar Masjid Raya Sumbar. 


“Sedangkan 800 kantong lagi akan dibagikan ke panti-panti yang ada di Kota Padang dan daerah yang minim sapi kurbannya,” ungkap Hefdi.


Selain penyembelihan sapi kurban dari Presiden RI, Pemprov Sumbar juga menyiapkan 30 ekor sapi yang akan disalurkan ke daerah-daerah terpencil di Sumbar. 


Seperti disalurkan ke Nagari Muaro Sungai Lolo berada di Kecamatan Mapat Tunggul Selatan, Kabupaten Pasaman, Kecamatan Rao Kabupaten Pasaman, Kecamatan Tigo Lurah di Kabupaten Solok 


“Sebanyak 30 ekor sapi tersebut merupakan sapi kurban dari seluruh OPD yang ada di lingkup Pemprov Sumbar,” ujarnya.


Sebelumnya diberitakan, Presiden RI, kembali ikut berkurban untuk masyarakat Provinsi Sumbar pada Hari Raya Idul Adha 1442 Hijriah/2021.


Idul Adha tahun ini, Jokowi menyumbangkan sapi kurban jenis simental seberat 1,2 ton. Sapi kurban jenis simental itu berasal dari Nagari Gadut, Kecamatan Tilatang Kamang, Kabupaten Agam. 


Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Sumbar Erinaldi mengatakan, sapi kurban dari Presiden RI ini telah melewati verifikasi dari tim yang ditugaskan memilihkan sapi kurban. 


Ada beberapa ekor sapi yang diusulkan dalam pemilihan untuk Presiden RI. Setelah dilakukan verifikasi maka terpilih sapi dari peternak Nagari Gadut ini, karena lebih unggul. (Rel/bd)