Notification

×

Iklan

Iklan

Tinjau Pembangunan Jalan dan Sentra IKM Kopi, Bupati dan Wabup Ingatkan Untuk Jaga Mutu dan Profesionalisme

28 Agustus 2021 | 20:14 WIB Last Updated 2021-08-28T13:15:10Z

Solok Selatan -- Bupati Solok Selatan H. Khairunas bersama Wakil Bupati Yulian Efi melakukan peninjauan lapangan terhadap tiga proyek pembangunan fisik yang tengah dikerjakan. Peninjauan dilakukan untuk melihat secara langsung kondisi pekerjaan yang sedang dikerjakan tersebut. 

Tiga lokasi tersebut yakni peningkatan jalan di ruas Teluk Air Putih - Simpang PB, Teluk Air Putih - Gaduang, serta Sentra IKM Kopi di Balai Benih Induk (BBI) Golden Arm.

Turut mendampingi Asisten Perekonomian Putra Nusa, Staf Ahli Novrizon, Plt. Kepala Bappeda Marfiandhika Arief, Plt. Kadis PUPR Yolly Hirlandes Putra, Kadis Perindagkop Budiman, Inspektur Akmal Hamdi, Camat Sangir Abul Abas, serta sejumlah kepala OPD dan Wali Nagari.

Dalam peninjauan tersebut, para kontraktor, konsultan pengawas dan pengawas dari dinas terkait, diingatkan Bupati agar dapat bekerja sebaik-baiknya untuk mendapatkan hasil yang memuaskan.

"Jaga integritas dan jaga mutu, lakukan pekerjaan dengan sebaik-baiknya. Kontraktor wajar akan mencari untung, tugas kita untuk mengawasi agar pekerjaan tersebut sesuai dengan aturan yang berlaku. Jangan sampai ada yang berurusan dengan aparat penegak hukum," ujar Bupati mengingatkan.

Dia juga menanyakan langsung kendala-kendala yang mungkin saja dihadapi para kontraktor di lapangan, untuk dicarikan solusinya bersama-sama.

Dari tiga lokasi berbeda tersebut, Bupati dan rombongan mendapatkan laporan bahwa hampir tidak ada kendala-kendala yang berarti ditemui dalam pekerjaan para rekanan di lapangan.

Rekanan juga optimis, pekerjaan yang tengah mereka lakukan, dapat diselesaikan tepat waktu sesuai dengan kontrak yang telah ditandatangani.


Bupati juga menyampaikan bahwa secara rutin pihaknya akan terus meninjau ke lapangan terkait proyek-proyek fisik yang dikerjakan.

"Senin hingga Jum'at kita lakukan pekerjaan-pekerjaan di kantor dan kegiatan kemasyarakatan. Kemudian setiap Sabtu kita akan kunjungi proyek-proyek fisik yang tengah dikerjakan," terangnya.

Salah satu jalan yang ditinjau adalah ruas jalan Teluk Air Putih - Simpang PB yang nantinya akan melewati Tandai, dengan panjang lebih kurang 22,4 Km. 

Secara bertahap pekerjaan jalan tersebut terus dikerjakan. Untuk tahun 2021 ini, melalui dana DAK dikerjakan sepanjang 2,2 km (hotmix 1,950 Km, dan rigid beton sepanjang 250 M)
Sebelumnya, jalan itu sudah diaspal sepanjang 6,4km. Tahun ini dikerjakan 2,2 Km, sehingga total 8,6 Km. Sisa 13,8 Km lagi yang akan terus diupayakan peningkatan jalannya melalui berbagai sumber pendanaan yang ada. 

Salah satu titik yang tengah dikerjakan peningkatan jalannya adalah pada pendakian Simpang Gunuang Tujuah, Jorong Tandai Simpang Tiga, Lubuk Gadang Tenggara.

Selanjutnya untuk pembangunan Sentra IKM di lokasi BBI Golden Arm, akan menggunakan anggaran sebesar Rp 8,75 Miliar. Dimana akan dibangun pematangan lahan fisik, infrastruktur gedung, instalasi air, gedung pelayanan bahan baku termasuk solar dryer dome atau penjemuran dan pembelian peralatan.

Sedangkan untuk peningkatan ruas jalan Teluk Air Putih - Gadung melalui Sungai Lingkitang, terkontrak sebesar Rp 7,758 Miliar lebih. (Rilis)