Notification

×

Iklan

Iklan

Penyetaraan Jabatan Administrasi ke dalam Jabatan Fungsional, Wako Fadly Lantik 175 ASN

31 Desember 2021 | 19.08 WIB Last Updated 2021-12-31T15:10:41Z


Padang Panjang | pasbana -- Sebanyak 175 Aparatur Sipil Negara (ASN) yang tersebar di sejumlah Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dilantik dan diambil sumpahnya oleh Wali Kota, H. Fadly Amran, BBA Datuak Paduko Malano di Hall Lantai III Balai Kota, Jumat (31/12). 

Pelantikan dan pengambilan sumpah janji jabatan ini, implementasi kebijakan pemerintah pusat melalui peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur dan Reformasi Birokrasi Nomor 17 Tahun 2021 tentang Penyetaraan Jabatan Administrasi ke dalam Jabatan Fungsional.

Wako Fadly dalam sambutannya mengatakan, pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan penyetaraan jabatan administrasi ke dalam jabatan fungsional, merupakan sebuah proses penyederhanaan birokrasi yang menjadi suatu bagian dari amanat presiden dalam rangka pemantapan dan peningkatan kapasitas kelembagaan.

Kegiatan ini, lanjut Fadly, merupakan komitmen Pemerintah Kota untuk mewujudkan adanya perubahan konkret dalam reformasi birokrasi. Di mana perlunya penyederhanaan birokrasi pada instansi pemerintah cukup dengan dua level. Diganti dengan jabatan fungsional yang menekankan pada keahlian dan kompetensi, sehingga proses kerja di birokrasi lebih cepat dan lebih dinamis dalam pengambilan keputusan.

"Saudara-saudara harus memiliki kebanggaan menduduki jabatan fungsional, apapun tugas dan klasifikasinya. Kebanggaan terhadap tugas yang menjadi tanggung setiap pejabat fungsional, tentu berdampak positif terhadap kinerja yang bersangkutan, kinerja perangkat daerah, dan kinerja Pemerintah Kota. Sebuah anugerah bagi pejabat fungsional yakni bekerja secara mandiri mulai dari perencanaan kegiatannya hingga evaluasi pelaksanaan kegiatan," ujarnya.

Wali kota muda ini juga menyebutkan, untuk memaksimalkan kompetensi pejabat administrasi yang disetarakan ke dalam jabatan fungsional, kepala OPD harus melakukan pendampingan melalui metode coaching dan mentoring. Bagi pejabat administrasi yang belum disetarakan ke dalam jabatan fungsional agar bekerja selayaknya pejabat fungsional untuk memperlancar pelayanan publik yang lebih efektif dan efisien.

Fadly mengucapkan selamat bekerja kepada para pejabat fungsional yang baru dilantik, dan berharap  dapat segera beradaptasi dengan jabatan fungsional di lingkungan kerja masing-masing. 

"Saya berharap, saudara-saudara sekalian dapat menjalankan amanah yang diberikan dan melaksanakannya dengan penuh tanggung jawab. Mari kita bergerak bersama dan menjaga sinergitas, dalam berbagai program pembangunan untuk mewujudkan masyarakat Kota Padang Panjang yang bermarwah dan bermartabat. Saya percaya, dengan kompetensi yang saudara miliki, dan dibarengi dengan kerja keras kita semua, perubahan ke arah yang lebih baik dapat segera kita capai," pungkasnya.

Turut hadir pada kesempatan tersebut, Wakil Wali Kota, Drs. Asrul, Sekretaris Daerah, Sonny Budaya Putra, A.P, M.Si, asisten, staf ahli, serta kepala OPD. (rel/bd) 
×
Kaba Nan Baru Update