Notification

×

Iklan

Iklan

Kunjungi Desa Wisata Apar, Wagub Audy: Manfaatkan Untuk Peningkatan Pendapatan Ekonomi Masyarakat

05 Januari 2022 | 08.20 WIB Last Updated 2022-01-05T15:15:59Z


Kota Pariaman | pasbana --- Evaluasi Desa-Desa Wisata di Sumatera Barat yang meraih penghargaan ADWI (Anugerah Desa Wisata Indonesia) di 2021 kemaren, Wakil Gubernur (Wagub) Sumatera Barat, Audy Joinaldy kunjungi Desa Wisata Apar, Kecamatan Pariaman Utara, Selasa (4/1).


Audy Joinaldy mengatakan ini merupakan kunjunganya untuk yang ketiga kalinya ke Desa Wisata Apar, Kota Pariaman, yang merupakan salah satu Desa Wisata unggulan di Sumatera Barat, yang menjadi juara III kategori Desa Digital, dalam ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia 2021.


"Kunjungan pertama ketika saya mendampingi bapak Menteri Pariwisata, Sandiaga Uno, yang kedua bersama keluarga melepas tukik (anak penyu) bersama pak Walikota Pariaman, Genius Umar, dan kali ini kunjungan ketiga kalinya, dan merupakan Desa Wisata yang pertama kami kunjungi dalam rangka evaluasi Desa Wisata peraih ADWI 2021 yang ada di Sumbar," ujarnya. 


Orang nomor Dua di Provinsi Sumatera Barat ini selain mengunjungi Desa Apar Kota Pariaman, dirinya dan rombongan juga akan mengunjungi Desa Wisata Sungai Batang di Kabupaten Agam, Desa Wisata Sumpur di Kabupaten Tanah Datar dan Desa Wisata Sarugo di Kabupaten Lima Puluh Kota, ucapnya.


"Konsep Ecotourism yang ada di Desa Wisata Apar ini harus ada mendapatkan income bagi para pelaku wisata yang ada, mulai dari ekonomi kreatifnya, pedagang dan juga pengelola, percuma kalau ada yang datang 5 Bus Pariwisata tetapi mereka tidak spend money atau belanja selama berada disini," tukas Wagub Milenial ini.



Audy berharap, agar peluang ini harus dapat dimanfaatkan dengan baik oleh Desa Wisata Apar, apalagi Apar ini sangat kompleks, ada mangrove, penyu, alam yang indah, dan bisa dikembangkan atraksi apa yang menarik untuk orang menikmati berwisata di Desa Apar ini.


"Bikin para pengunjung dan wisatawan nyaman dulu, hal ini harus dilengkapi dengan lokasi yang aman, sejuk dan rapi, dilengkapi toilet yang bersih dan suguhan atraksi lokal yang bisa membuat mereka mengeluarkan uang mereka setiap mereka melangkah, sebut saja inovasi baruak memetik kelapa, maelo pukek, memberi makan ikan dan bisa juga menangkap kepiting, sehingga Desa Apar ini dapat mandiri nantinya dan bisa membiayai desa lainya," tutupnya.


Audy Joinaldy dan rombongan juga berkesempatan meninjau tracking Apar Pariaman Mangrove Park, menyaksikan atraksi baruak memetik kelapa, maelo pukek dan menikmati kelapa muda segar dan kuliner khas Kota Pariaman yang disediakan. 


Dalam kesempatan yang sama, Wakil Walikota Pariaman, Mardison Mahyuddin mengatakan Desa Wisata Apar ini sukses menjadi Juara III kategori Desa Digital pada malam puncak ADWI Tahun 2021, dimana penghargaan ini diserahkan langsung oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) RI, Sandiaga Uno kepada Direktur BUMDes Apar Mandiri, Fadel Muhammad yang didampingi Walikota Pariaman, Genius Umar, di Jakarta Desember 2021 yang lalu.


"Kami menyambut baik kunjungan kerja perdana Pak Wagub di Desa Wisata Apar Kota Pariaman ini, dapat dilihat, saat ini kami terus berupaya untuk meningkatkan kenyamanan pengunjung dan wisatawan, dengan membangun infrastruktur pendukung, agar kawasan ini, semakin rapi dan diminati oleh wisatawan yang datang," ujarnya.


Mardison mengungkapkan bahwa, sejak dikelola oleh BUMDes Apar Mandiri, dan juga Pokdarwis, kawasan Desa Wisata Apar ini semakin lebih baik dan tertata, dan kita juga sedang melengkapi dengan pembangunan toilet yang representatif dan penataan para pedagang yang ada.


"Kita masih punya PR besar dalam menata para pedagang, karena belum adanya kios-kios yang layak, karena itu kita meminta kepada pak Wagub agar dapat memfasilitasi pembangunan kios-kios pedagang ini," tukasnya. 


Ia juga menuturkan bahwa Wagub cukup terkesan dengan perkembangan Desa Wisata Apar di Kota Pariaman, apalagi Desa Wisata Apar ini telah menjelma menjadi destinasi tujuan wisata baru di Sumatera Barat, yang tidak hanya diminati oleh wisatawan lokal tetapi juga wisatawan mancanegara.




"Kami pemerintah Kota Pariaman  bersama dengan Kepala Desa, Pokdarwis dan BUMDes Apar Mandiri, selalu bersinergi agar Desa Apar ini dapat semakin baik lagi, dan ini terbukti dengan tingginya tingkat kunjungan ke Apar Pariaman Mangrove Park yang setiap hari dikunjungi oleh daerah lain untuk melakukan study tiru maupun berwisata bersama keluarga dan kolega, serta kegiatan Family Gathering disini," ungkapnya.


Mardison juga menyampaikan kepada pokdarwis desa apar dan BUMDes Apar Mandiri, untuk lebih memanfaatkan lagi potensi yang dimiliki, sesuai dengan arahan Wagub Sumbar, Audy Joinaldy dalam diskusi yang dilakukan tadi, sehingga pengunjung lebih tertarik dan mampu menambah income bagi masyarakat sekitar, ulasnya mengakhiri.


Kunjungan Kerja Wagub Sumbar ini juga dihadiri Asisten II, Elfis Candra, Kadis Kominfo, Adi Junaidi, Kadis Pol PP & Damkar, Alfian, Kadis Parbud Kota Pariaman, Dwi Marhen Yono beserta jajaran dan Ketua BUMDes Apar Mandiri, Fadel Muhammad dan anggota. (Rel/bd) 


×
Berita Terbaru Update