Notification

×

Iklan

Iklan

Berpusat di Pasaman Barat, Gempa Guncang Wilayah Sumbar

25 Februari 2022 | 09.32 WIB Last Updated 2022-02-25T02:32:11Z


Solok | Pasbana.com– Gempa dengan magnitudo 5,2 dan 6,2  mengguncang wilayah Sumatra Barat dengan pusat gempa berada di Pasaman Barat (Pasbar), Sumatera Barat (Sumbar) pada Jumat (25/2/2022) pagi.

Gempa tersebut bahkan terasa kuat hingga di sejumlah kawasan lain di Sumbar, seperti Tanah Datar, Bukittinggi, Padang Panjang dan Padang . Masyarakat terlihat panik dan berhamburan keluar dan seluruh kegiatan terhenti sesaat, terang Yona seorang warga Tanah Datar kepada pasbana.com 

“Gempanya terasa kuat banget,” kata Yona , 32  tahun kepada pasbana.com . 




Yusmanidar, 47 tahun  warga Kota Padang seorang Guru sekolah dasar di Kota Padang kepada media ini mengatakan, "Alhamdulillah kami dipadang  aman aman saja memang gempa dirasakan 2 kali mengguncang  dan kami sedang ada kegiatan di lapangan bersama anak anak peserta didik dan sekarang kegiatan masih jalan,"ungkapnya . 

Dari data Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), gempa tersebut terjadi di 0,14 Lintang Utara dan 99,99 Bujur Timur.

“Gempa terjadi di 18 kilometer Timur Laut Pasbar dengan kedalaman 10 kilometer,” tulis BMKG dalam informasi resminya.

Sebelumnya, pada subuh hari, gempa bumi juga mengguncang Kabupaten Dharmasraya. Gempa yang diketahui memiliki magnitudo 3,1 tersebut termasuk kecil sehingga hampir tak dirasakan masyarakat di kabupaten paling timur di Sumbar tersebut.


Koordinator Data dan Informasi BMKG Stasiun Padang Panjang, Hamdy Arifin menjelaskan, gempa dengan kedalaman 60 hingga 300 kilometer masuk ke dalam kategori zona subduksi.


“Gempa zona subduksi berbeda dengan Sesar Sumatera yang cenderung memiliki kedalaman dangkal, di bawah 30 kilometer,” katanya. (Nal)

×
Berita Terbaru Update