Notification

×

Iklan

Iklan

WALHI Sumbar Turut Berduka atas bencana Gempa Bumi di Pasaman Barat

25 Februari 2022 | 14.51 WIB Last Updated 2022-02-25T07:51:58Z


pasbana | Untuk Kabar Sumbar - Keluarga besar WALHI Sumatera Barat turut berduka atas bencana gempa bumi yang menimpa saudara - saudara kita di Kabupaten Pasaman Barat. Meskipun berat, karena ditengah musibah covid 19, bencana gempa bumi juga menimpa saudara kita, tetapi dengan pertolongan yang maha kuasa dan kepedulian kita bersama, insya allah kita kuat dan tangguh melalui cobaan ini. 

Sebagaimana diketahui, hari ini jumat (25/2/2022) telah terjadi gempa bumi di Pasaman Barat yang dirasakan oleh beberapa Kabupaten/ Kota di Provinsi Sumatera Barat dan sampai ke Provinsi Riau. BMKG bahkan mencatat telah terjadi 15 gempa susulan.

Dari data Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), gempa tersebut terjadi di 0,14 Lintang Utara dan 99,99 Bujur Timur, berada di 18 kilometer Timur Laut Pasbar dengan kedalaman 10 kilometer.

Dari Pantauan WALHI Sumbar di media sosial, kerusakan terparah dilaporkan terjadi di Kajai, Kecamatan Talamau dan Balerong, Kecamatan Pasaman, Kabupaten Pasbar. kerusakan bangunan sekolah yang berada di  Sekolah Dasar Negeri 19 Kinali Pasaman Barat. Sementara data dari BNPB dua orang meninggal dunia.

Selain itu Gempa juga memicu meluapnya lumpur dari sumber air Panas di Jorong Padang Baru Nagari Ganggo Hilia Kec.Bonjol. Selain itu, gempa juga menyebabkan terjadinya pergerakan campuran air dan lumpur di Nagari Malampah Kec. Tigo Nagari, Kab. Pasaman.

WALHI Sumbar mengimbau bagi masyarakat Sumatera Barat agar tetap siaga terhadap  potensi gempa susulan yang kemungkinan bisa saja terjadi dan tetap menjaga kesehatan serta menerapkan protokol kesehatan, demi keselamatan dan ketangguhan bersama menghadapi ujian ini.

Selain itu penting menyaring informasi yang beredar, dengan  mendengarkan informasi terbaru melalui radio ataupun media terkait arahan BNPB Serta BPBD Sumatera Barat. Agar kita terhindar dari informasi keliru yang dapat menambah duka kita bersama.

Mari kita kirimkan doa dan saling bersinergi untuk menyiapkan bantuan terbaik untuk saudara - saudara kita korban bencana gempa bumi hari ini.(rilis) 
×
Kaba Nan Baru Update