Notification

×

Iklan

Iklan

Kajari Sijunjung Efendri Eka Saputra, SH,MH, Dampingi Bupati Benny Dwifa Yuswir Buka Lomba Lari Wisatathon SD dan SMP se-Kabupaten Sijunjung

15 Februari 2022 | 11.32 WIB Last Updated 2022-02-15T04:47:12Z
Bupati Sijunjung Benny Dwifa Yuswir melepas peserta pada Lomba Wisatathon pada Peringatan Hari Jadi Sijunjung ke 75



Sijunjung |  pasbana - Dalam rangka memeriahkan Hari Jadi Kabupaten Sijunjung Ke -73 tahun 2022, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sijunjung laksanakan Lomba lari "Wisatathon" (Wisata  Marathon) Pertama di Kabupaten Sijujung, Selasa, (15/02) bertempat  di lapangan depan Ruang Terbuka Hijau (RTH) Muaro. 

Plt Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Usman Gumanti, S.Pd.MM sebagai Penanggung Jawab kegiatan  mengatakan dalam laporannya , konsep olahraga bernuansa wisata ini pertama kita luncurkan dalam Hari Ulang Tahun (HUT) Kabupaten Sijunjung ke 73 tahun 2022 ini. 

Saat pertama ini, kegiatan Wisatathon star dan finisnya dipusatkan pada Ruang Terbuka Hijau (RTH) Muaro dalam memperkenalkan RTH taman bermain yang ada di pusat Kota Muaro sebagai obyek wisata. 



" Kedepannya, nanti akan kita pusatkan dan promosikan obyek wisata seperti Talabang Sakti di Kecamatan Kamang Baru, Geopark Silokek di Kecamatan Sijunjung dan Gunung Tambuok di Kecamatan Sumpur Kudus dan banyak wisata lainnya, " urai Usman Gumanti,. 

Kegiatan Wisatathon diikuti sekitar 1400 orang Peserta  dari SD dan SLTP Negeri dan swasta se Kabupaten Sijunjung. Even ini digelar bertujuan untuk menggali, membina dan meningkatkan kreativitas siswa, meningkatkan kompetensi siswa yang sangat bagus untuk perkembangan otak dan melatih disiplin dan kerjasama tim. Dan untuk mengembangkan sikap kompetitif dalam diri siswa pada kehidupan sehari hari, keempatnya adalah memupuk jiwa Nasionalisme bagi siswa. 

Pada tahun 2022 ini, peserta Wisatathon yang menjadi juara diberikan hadiah, penghargaan :  juara I sebesar Rp 1.500.000,-/ putera dan putri, juara II Rp 1.200.000,-/ Pa dan Pi, juara III sebesar Rp 1.000.000,/Pa dan Pi. Sedangkan harapan I,II dan III juga diberikan hadiah sebesar Rp800.000,- Rp600.000,- dan Rp 200.000,-/Pa dan Pi.





" Penyelenggaraan Wisatathon tingkat SD dan SMP dilaksanakan oleh Bidang SD dan Bidang SMP Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sijunjung, dan  juri bekerjasama dengan Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PASI) Kabupaten Sijunjung."ungkapnya.


Bupati Sijunjung Benny Dwifa Yuswir yang didampingi Wabup Iraddatillah dan Kajari Sijunjung Efendri Eka Saputra, SH,MH, menegaskan, siswa sebagai generasi muda penerus bangsa harus memiliki bekal pendidikan kognitif, efektif dan motorik yang selaras dan seimbang dalam upaya meningkatkan mutu sumber daya manusia (SDM) agar mampu bersaing dalam era keterbukaan. Pemerintah juga berupaya untuk menciptakan dan meningkatkan layanan pendidikan kepada seluruh warga masyarakat. 

Berbagai kegiatan yang bertujuan untuk meningkatkan mutu kreativitas terus diselenggarakan baik dalam bentuk pembelajaran maupun dalam bentuk kegiatan olahraga, tentunya dengan protokol kesehatan yang sudah diatur pada masa pandemi ini. 



Untuk mensukseskan kegiatan tersebut, khususnya kegiatan kesiswaan telah disusun berbagai kebijakan dan strategi yang kemudian dijabarkan dalam bentuk program yang dilaksanakan secara terpadu dan terkoordinasi baik ditingkat pusat, provinsi, kabupaten maupun sekolah. 

" Termasuk kegiatan yang kita lakukan saat ini Wisatathon. "Ungkap Benny. 

Pendidikan sebagai bagian dari pembentukan budi pekerti memberi kontribusi besar terhadap pembentukan karakter yang berakar pada budaya bangsa. Dalam pendidikan terangkum unsur pengetahuan(knowledge) ketrampilan (Skill) dan sikap (attitude) yang terpadu dalam kreativitas dan kepribadian siswa. 

Kegiatan Wisatathon perdana dalam meriahkan HUT ke 73 Kabupaten Sijunjung tahun 2022  ini, diharapkan akan terlaksana secara berkesinambungan kedepannya, hal itu akan berdampak signifikan bagi perkembangan serta kreativitas siswa. 

Kegiatan ini juga sebagai wadah untuk memberi ruang promosi dan edukasi wisata terhadap masyarakat, khususnya untuk siswa SD dan SMP di Kabupaten Sijunjung ini. 

Pada kesempatan ini,  ungkap Bupati, saya  menghimbau kita semua untuk memberikan dukungan dan motivasinya terhadap  kegiatan Wisatathon ini. 

Kepada para siswa SD dan SMP peserta lomba Wisatathon ini, kalian harus mampu memacu diri untuk berlatih dengan keras demi mencapai hasil yang maksimal sehingga berbuah prestasi. Tidak hanya pada lomba ini, tetapi juga dicabang lomba dan pertandingan lainnya. 

Dikatakan Bupati, pemerintah daerah melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, pada lomba Wisatathon ini akan memberikan motivasi dan reward bagi siswa berhasil menjadi juara atau pamuncak I,II dan III serta harapan I, II dan III. 


Plt . Kepala dinas Pendidikan dan kebudayaan Kabupaten Sijunjung, Usman Gumanti,S.Pd, MM



Kepada segenap juri lomba Wisatathon ini, saya berpesan lakukanlah penilaian dengan sejujur jujurnya, jangan sampai ada yang dirugikan, karena akan berdampak negatif terhadap kegiatan yang kita laksanakan, terutama bagi perkembangan peserta didik nantinya. 

"Kepada anak anakku peserta lomba Wisatathon, berlombalah penuh semangat tanpa mengabaikan sportifitas yang tinggi untuk mencapai hasil yang lebih baik atau menjadi Pamuncak," harap Benny. 

Pada kesempatan Itu Kajari Sijunjung Efendri Eka Saputra, SH,MH, kepada pasbana.com menyampaikan apresiasi kepada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan kabupaten setempat  yang telah melaksanakan kegiatan wisatathon.

" Mudah-mudahan dengan kegiatan olahraga ini melahirkan atlit atlit  berprestasi dari kabupaten Sijunjung  serta bisa meningkatkan imunitas anak anak pesertadidik namun harus tetap Menerapkan prokes," ungkapnya. 

Kajari Sijunjung juga berharap setiap cabang olahraga juga digiatkan di Kabupaten Sijunjung termasuk tenis lapangan dan cabang cabang lainnya, tutupnya. (Nal)
×
Berita Terbaru Update