Notification

×

Iklan

Iklan

Peduli Sejarah dan Budaya, Aliansi BEM Fakultas se-Undhari Gelar Aksi Sosial Ramadan di Situs Cagar Budaya Siguntur Dharmasraya

17 April 2022 | 14.34 WIB Last Updated 2022-04-17T07:34:46Z


Dharmasraya, pasbana.com - Bulan Ramadan penuh berkah, momen untuk menjalin silaturrahmi, peduli, dan berkarya. Mengusung tema Aksi sosial mahasiswa Undhari dalam menjadikan Ramadan sebagai bulan kemenangan, Aliansi Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas se-Universitas Dharmas Indonesia (UNDHARI) melaksanakan Aksi Sosial Ramadan (ASR) di kompleks cagar budaya Nagari Siguntur Kecamatan Sitiung Kabupaten Dharmasraya Provinsi Sumatra Barat, Sabtu (16/4/2022). 

Aliansi BEM Fakultas se-Undhari ini terdiri dari semua BEM Fakultas se-Undhari yaitu BEM Fakultas Ilmu Kesehatan (FIKES), BEM Fakultas Ilmu Komputer (FILKOM), BEM Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), dan BEM Fakultas Hukum dan Ekonomi Bisnis (FHEB). Sandi Laya selaku ketua panitia pelaksana mengatakan, kegiatan ASR yang digelar oleh Aliansi BEM Fakultas se- Undhari digelar di Situs Cagar Budaya Kerajaan Siguntur Nagari Siguntur Kecamatan Sitiung Kabupaten Dharmasraya Provinsi Sumatra Barat. 


Selanjutnya Sandi Laya membeberkan kegiatan ASR ini bertujuan meningkatkan kepekaan, kecintaan, dan kepeduliaan mahasiswa dan masyarakat terhadap sejarah dan budaya yang ada di daerah Dharmasraya.

"Kita sebagai mahasiswa mengajak teman- teman mahasiswa dan masyarakat, khususnya generasi muda untuk peduli, cinta dengan sejarah dan budaya daerah kita, tentunya kitalah yang mesti menjaga, dan melestarikan sejarah, peninggalan, dan budaya di daerah kita ini." Kata Sandi Laya yang juga merupakan Wakil Gubernur BEM Filkom Undhari. 

Sandi Laya menambahkan kegiatan dilaksanakan seharian penuh dari pagi hingga malam sampai kegiatan tarawih bersama, kegiatan ASR, diawali dengan bakti sosial dan gotong royong di Masjid Tua Siguntur, pemakaman raja Siguntur, rumah gadang kerajaan Siguntur, dan museum Siguntur, kemudian dilanjutkan dengan pengecekan kesehatan gratis, ada kegiatan literasi lapak baca, dan sorenya dilanjutkan dengan pembagian takjil gratis, dan berbuka bersama dengan pengurus masjid dan tokoh masyarakat setempat, dan ditutup dengan tarawih bersama serta kegiatan penyuluhan dan sosialisasi tentang pendidikan, kesehatan, sosbud, seni, dan humaniora.



 "Alhamdulillah kegiatan ASR ini berjalan dengan baik, lancar, dan sukses. Harapan kami, dengan kegiatan ini mari kita mencintai serta melestarikan dan merawat peninggalan sejarah di Dharmasraya supaya situs bersejarah ini dikenal baik tingkat nasional hingga internasional," kata Sandi Laya. 

Menurut dia, mahasiswa sangat peduli terhadap sejarah, apalagi kerja bakti dilakukan dalam bulan suci Ramadan. "Mari kita bersama-sama melestarikan situs budaya dan sejarah kerajaan di Dharmasraya," kata Sandi Laya

Rombongan Aliansi BEM Fakultas se-Undhari didampingi langsung oleh Wakil Rektor III Undhari Bidang Kemahasiswaan, Alumni, Kerjasama, dan Humas Dr. Amar Salahuddin, M.Pd, dan tenaga ahli WR III Undhari Sonia Yulia Friska,M.Pd., dan Rizky Febriandi, juga turut hadir ahli waris kerajaan Siguntur, Raja Siguntur Sutan Hendri, tuan Acik Putri Marhasnida, Hamdan Wali Nagari Siguntur beserta jajaran, Wali Jorong, ninik mamak, alim ulama, cerdik pandai, bundo kanduang, pemuda, dan tokoh masyarakat.



Sementara itu Dr. Amar Salahuddin, M.Pd. Wakil Rektor III Undhari menyampaikan apresiasi atas kegiatan dihelat oleh Aliansi BEM Fakultas se-Undhari. 

"Good job guys, tidak hanya aksi di jalanan dan gedung DPRD, tapi juga aksi sosial yang digelar pada bulan Ramadan ini oleh adik-adik BEM Fakultas se-Undhari, mantap menjadi generasi muda yang peduli dan cinta sejarah dan budaya, semoga berkah" Tandas Amar

Kemudian, hal senada juga disampaikan oleh Hamdan Wali Nagari Siguntur, apresiasi dan ucapan terima kasih kepada adik-adik mahasiswa Undhari yang sudah melakukan aksi sosial di situs Cagar budaya Siguntur dan ditutup dengan buka bersama dan tarawih bersama. "Kegiatan yang dilakukan adik-adik mahasiswa Undhari menjadi motivasi juga bagi generasi muda Siguntur, kami juga mendorong generasi muda Siguntur untuk melanjutkan pendidikan di Undhari, kalau ada yang bagus dan berkualitas di sini, kenapa mesti jauh-jauh." Tutup Hamdan. (Nal) 
×
Kaba Nan Baru Update