Notification

×

Iklan

Iklan

Peran DKM dalam Meningkatkan Ekonomi Umat Berbasis Masjid

08 April 2022 | 17.04 WIB Last Updated 2022-04-08T10:04:14Z

Oleh : Eko Suryawadi 
Owner & CEO Esco Sinergy Indonesia


Pasbana.com -- Pernah satu kali bertanya kepada seorang pengurus DKM, masjidnya masih bagus kok sudah direnovasi saja? Jawab beliau, kita bingung ada uang kas buat apa?. 

Sayang sekali dalam hati jawaban saya, ada hal yang kadang tidak terpikirkan oleh pengurus Masjid bahwa uang kas bisa digunakan untuk pemberdayaan jamaah masjid khususnya, masyarakat sekitar masjid umumnya. 

Dana infak yang sangat fleksibel penggunaannya dapat digunakan untuk mengangkat ekonomi masyarakat sekitar, apalagi dimasa pandemi, masjid bisa dijadikan pusat perkonomian. 

Dana infak bisa digunakan sebagai dana bergulir untuk modal usaha jamaah masjid yang sedang tidak ada usaha atau masih menggangur karena PHK dimasa pandemi.

Selain itu, halaman dan jalan ke masjid bisa dijadikan sebuah pasar berkah buat jamaah dan masyarakat sekitar, sehingga ekonomi menggeliat di sekitar masjid.  

DKM bisa mulai mendata jamaahnya yang berminat usaha dan diberikan dana pinjaman bergulir, membuat stand-stand usaha di halaman masjid dengan menciptakan sebuah pasar berkah bersama.

Keterikatan emosional antara jamaah masjid dapat dijadikan modal untuk membeli barang keperluan di masjid, dari jamaah dan untuk jamaah. 

Untuk pengembangan, sinergi dengan lembaga keuangan syariah sangat diperlukan nantinya dengan DKM Masjid, sehingga para jamaah yang membutuhkan modal kerja dapat dihubungkan ke lembaga keuangan syariah, tentunya dengan rekomendasi DKM Masjid. 

Disini peran DKM Masjid tidak hanya memakmurkan kegiatan masjid yang bersifat keagamaan, tetapi berperan dalam meningkatkan ekonomi masyarakat di sekitar masjid khususnya jamaahnya. 

Masjid akan semakin makmur dan ramai jamaahnya, masyarakat meningkat ekonominya. Bisa jadi masjid menjadi pusat wisata religi yang jamaahnya tidak hanya masyarakat sekitar tetapi berasal dari luar kampung. Para jamaah ini selain ingin sholat berjamaah, juga ingin merasakan kuliner yang ada di pasar berkah masjid. 

Semoga sedikit coretan ini dapat bermanfaat bagi para pengurus DKM Masjid dalam mewujudkan kemakmuran masjid dan kemakmuran masyarakat. (*) 


×
Berita Terbaru Update