Notification

×

Iklan

Iklan

Sudah 8000 Kendaraan Pemudik Masuk Sumbar pada H-3 Idul Fitri 1443 H

30 April 2022 | 14.01 WIB Last Updated 2022-04-30T07:02:24Z

Sumatera Barat, pasbana -Sampai dengan H-3 Idul Fitri 1443 H, tercatat oleh pihak Kepolisian sudah ada sekitar 8000 kendaraan pemudik yang telah memasuki wilayah Provinsi Sumatera Barat. 

Dirlantas Polda Sumatera Barat Kombes Hilman mengatakan 8.000 kendaraan itu tercatat hingga hari Jumat (29/4) kemarin. Mayoritas kendaraan pemudik bernomor polisi BM yakni Provinsi Riau.

"Jadi suasana arus kendaraan di wilayah Sumatera Barat memang terlihat padat. Karena arusnya meningkat 30 persen," katanya, Sabtu 30 April 2022.


Beberapa kepadatan kendaraan terjadi seperti di daerah Padang Luar untuk arus di Padang - Bukittinggi, serta juga terjadi di wilayah Sijunjung tepatnya sebelah Muara Kalaban. Karena ada perbaikan jembatan di wilayah Sijunjung. 


Ia menjelaskan rata-rata kemacetan berkisar 1 kilometer. Namun kondisi terus diupayakan oleh personel di lapangan untuk diuraikan. 

Berdasarkan data yang dihimpun oleh Pemprov Sumatera Barat, diperkirakan sebanyak 1,8 juta pemudik diprediksi akan pulang ke kampung halaman di kabupaten dan kota Sumatera Barat pada momen Lebaran 2022 ini.


Gubernur Sumbar, Mahyeldi mengatakan, berbagai persiapan sudah dilakukan untuk menyambut para perantau. Sebagian besar pemudik juga diperkirakan akan menggunakan jalur darat.


Mengingat tingginya arus lalu lintas saat mudik, lanjutnya, pihaknya sudah melakukan perbaikan jalan, terutama untuk jalan nasional.


Kesiapan jalan nasional untuk dilalui pemudik, kata Mahyeldi, itu 80 persen. Jalan di perbatasan seperti Sumbar-Riau dan Sumbar-Bengkulu saat ini sudah bagus. Namun, Mahyeldi tak menampik bahwa masih ada beberapa titik terdapat jalan berlubang.


Kemudian untuk jalan provinsi juga sudah dikoordinasikan dengan Dinas PU Sumbar agar merapikan jalan dan memperbaiki kerusakan. (rel/bd) 



×
Berita Terbaru Update