Notification

×

Iklan

Iklan

Wakil Rektor III Undhari Motivasi Ratusan Peserta Pesantren Ramadan SMAN 1 Pulau Punjung- Dharmasraya

20 April 2022 | 19.19 WIB Last Updated 2022-04-20T12:19:52Z

Dharmasraya, Pasbana.com -- SMAN 1 Pulau Punjung Dharmasraya melaksanakan Pesantren Ramadan di bulan suci Ramadan ini. Kegiatan Pesantren Ramadan di SMAN 1 Pulau Punjung dilaksanakan dari tanggal 7 sampai dengan 23 April 2022. Dengan mengangkat tema Melalui Pesantren Ramadan 1443 H / 2022 M, Terwujudnya Peserta Didik Cerdas, Kompetitif, Religius, dan Berbudaya. 

Salah satu narasumber yang didatangkan pada kegiatan pesantren Ramadan SMAN 1 Pulau Punjung, Rabu (20/4/2022) yaitu Wakil Rektor III Universitas Dharmas Indonesia (UNDHARI) Bidang kemahasiswaan, Alumni Kerjasama, dan Humas, Dr. Amar Salahuddin, M.Pd., adapun materi yang disampaikan Dr. Amar yaitu "Literasi Digital: Peluang dan Tantangan Pemanfaatan Teknologi di Era 4.0".

Pada awal penyampaian materi, Warek III Undhari ini menyampaikan terkait 6 literasi dasar yang mesti diketahui dan dikuasai oleh pelajar.

" 6 Literasi tersebut yaitu literasi baca tulis, numerasi, sains, finansial, budaya dan kewarganegaraan, dan literasi digital," ungkap Amar. 



Selanjutnya Amar memaparkan teknologi sudah semakin dijangkau oleh pelajar dan masyarakat, bidang bisnis dan semua bidang pun mudah dilakukan, namun pelajar dan masyarakat banyak yang belum mengerti tentang pengamanan data dibidang teknologi, kemudian infrastruktur digital masih belum menyeluruh di Indonesia, dan perlu dioptimalkan. 

"Dan yang tak kalah penting juga yaitu budaya digital, ketika kita sudah berbudaya, tentunya kita juga sudah beretika," tutur Amar. 

Pada terakhir penyampaian Dr. Amar juga memotivasi ratusan siswa SMAN 1 Pulau Punjung, mengutip hasil riset dunia di Harvard University, Carniege Foundation, dan Stanford reasearch center, yang mengatakan, faktor sukses dalam pekerjaan ditentukan oleh 15 % technical skill dan 85 % adalah soft skill. 

Amar menambahkan untuk sukses di era digital dan abad 21 mesti memiliki 4 keterampilan, yaitu, keterampilan berpikir kritis, berkolaborasi, kreativitas, dan keterampilan komunikasi. 

Kegiatan pesantren Ramadan dihadiri juga oleh para wakil kepala sekolah, majelis guru, dan seluruh siswa SMAN 1 Pulau Punjung, acara ini berjalan dengan lancar dan penuh khidmat. Joni Arpan, S.Pd. I. selaku ketua pelaksana kegiatan Pesantren Ramadan mengungkapkan tujuan dari acara ini adalah untuk memupuk silaturahmi sesama siswa dan guru.



" Tujuan dari dilaksanakannya kegiatan ini adalah untuk memupuk silaturahmi sesama siswa dan guru, meningkatkan keimanan kepada Allah Swt serta untuk menjadikan siswa sebagai siswa yang berkarakter, beriman, dan berakhlak mulia," kata Joni.

Pesantren Ramadan di SMAN 1 Pulau Punjung ini juga akan melaksanakan kegiatan sosial. Yaitu akan diadakan "SMANSAPUPU PEDULI" para guru dan donatur lainnya mengumpulkan infak untuk saling berbagi terutama kepada siswa yang kurang mampu, berbagi kepada masyarakat kurang mampu atau duafa.

Sementara itu, setelah kegiatan pesantren Ramadan, Vivi Desrianti Putri salah satu siswa  SMAN 1 Pulau Punjung kepada awak media menyampaikan manfaat yang ia dapatkan dengan adanya materi mengenai literasi digital. 

"Manfaat yang dapat saya peroleh dari literasi digital saat sekarang ini yaitu dapat menambah wawasan saya sebagai seorang pelajar dan wawasan teman-teman sehingga dapat meningkatkan minat untuk literasi dan dapat memanfaatkan media sosial dengan sebaik mungkin untuk saat ini," ujar Vivi yang juga merupakan juara 5 Duta GenRe Putri Kabupaten Dharmasraya Tahun 2022. (Nal)
×
Kaba Nan Baru Update