Notification

×

Iklan

Iklan

Siriah Carano, Sajian Penyambutan untuk Tamu Agung

20 Juli 2022 | 19.14 WIB Last Updated 2023-01-30T08:16:57Z


pasbana -- Saat ada tamu agung atau tamu kehormatan berkunjung ke Minangkabau atau Sumatera Barat, biasanya akan disambut dengan tari penghormatan kemudian disajikan sirih carano. 

Nah, apa itu Sirih Carano? Simak penjelasan berikut ini.  

Carano adalah benda berbentuk dulang berkaki dari logam kuningan. Bentuk dulangnya bundar dengan pundak landai, mulut lebar, dan bibir tipis. Tangkainya mengecil pada bagian tengah dan melebar pada bagian bawah berhiaskan garis lingkaran berbentuk geligir. Didalam carano biasanya berisi daun sirih, kapur, gambir, pinang, dan tembakau. Makanya disebut Sirih Carano. 

Carano menjadi simbol yang sarat makna untuk diberikan kepada para tamu kehormatan yang datang ke Sumatera Barat. 

Carano di Minangkabau biasanya juga diumpamakan sebagai kehadiran atau kedudukan dan kemulian pada angku niniak mamak dan  jajaranya di dalam rumah gadang atau di rumah kaum. 

Bentuk carano yang seperti pohon beringin dilambangkan sebagai penghulu atau mamak di Minangkabau. Sebagaimana mamak bertugas membimbing atau menasehati kemenakannya dan bermanfaat bagi dunsanak atau kaumnya. Jadi carano juga melambangkan kearifan dan tugas mamak di Minangkabau.

Sirih dalam carano, begitulah persembahan masyarakat Minangkabau kepada tamu dalam kegiatan atau upacara adat mereka. Ia disuguhkan pada awal pertemuan sebagai bentuk penghormatan dari tuan rumah.

Tradisi ini masih dijalankan hingga sekarang. Ada filosofi tentang keramahtamahan orang Minang didalamnya dan penghormatan. 

Bagi masyarakat Minangkabau, tamu yang datang dalam suatu kegiatan atau upacara adat tidak hanya disambut dengan senyum sapa yang ramah. Ada suatu persembahan yang sudah menjadi budaya, yakni sirih. Dalam hal ini, carano berfungsi sebagai wadah untuk membawa persembahan tersebut.

Isian carano sebenarnya tidak hanya berisi sirih semata. Ada kelengkapan lainnya yang disebut siriah langkokSjafnir Abu Naim dalam Siriah Pinang Adat Minangkabau menguraikan, sirih langkok terdiri dari daun-daun sirih disusun melingkar dilengkapi dengan bahan untuk memakan sirih, di antaranya berupa buah pinang, gambir, dan kapur sirih (sadah).



Menurut Zubaidah (2001), siriah pinang langkok juga memiliki mengandung makna sosial, berfungsi sebagai media komunikasi.

Siriah pinang langkok merupakan media komunikasi rahasia, digunakan untuk menyampaikan berbagai keinginan-keinginan yang tidak mungkin disampaikan secara terang-terangan. 

Oleh karena itu, untuk menyampaikan keinginan tersebut digunakan sirih langkok sebagai alat komunikasi

Perlu diketahui, ada empat unsur di dalam carano siriah langkok (sajian Sirih lengkap) yaitu, daun sirih warnanya hijau rasanya pedas, buah pinang warnanya kuning rasanya kelat/sepat, gambir warnanya cokelat rasanya pahit, dan sadah warnanya putih rasanya asin.

Sirih melambangkan kesederhanaan, karena siapapun yang disambut dan menyambut, tetap saja menggunakan sirih, dan tidak ada dengan yang lainnya. Persembahan sirih dalam carano merepresentasikan penyatuan tamu dengan tuan rumah.

Isian carano ditutup dengan kain berhias yang disebut dulamakDulamak biasanya bercorak warna merah, kuning, dan hitam dengan motif pucuk rebung, yakni bambu muda yang baru keluar dari rumpunnya. Kain ini membuat kesan megah karena dihiasi kilapan benang emas dan cermin-cermin kecil.

Ketika mempersembahkan sirih biasanya disertai pasambahan yang kurang lebih bunyinya, 
"kaleknyo tingga di rakuangan, cahayo naiak ka pidoman"
(Jika sirih sudah dimakan, yang manis melekat di ujung lidah, yang pahit lolos ke kerongkongan) , artinya,  jika sirih sudah dimakan yang manis melekat di ujung lidah, yang pahitnya tinggal di kerongkongan. Ini merupakan simbol kearifan manusia yang sadar akan kekuranganya.

Maksudnya apabila semua alat menyirih dimakan maka semua itu akan tercampur baur di dalam mulut yang manis dan pahit sama-sama dikunyah yang menimbulkan rasa dan sensasi yang luar biasa, itu berarti semua yang dirasakan baik itu manis atau pahit, senang atau sedih haruslah sama-sama dirasakan.

Carano disuguhkan saat memulai pembicaraan atau perundingan tamu. Hantaran ini menyiratkan penghormatan dari tuan rumah kepada tamu yang datang.

Di dalam rasa sirih yang pahit dan manis, ada simbol. Daun sirih bila dikunyah akan menimbulkan dua rasa di lidah, pahit dan manis. Dengan menyuguhkan sirih pada awal pertemuan, maka diharapkan segala sesuatu yang janggal tidak akan menjadi gunjingan.

Tradisi menghidangkan sirih dalam carano masih bertahan hingga saat ini dan menjadi lazim kita temui pada kegiatan seremonial yang ada di Sumatra Barat. Sirih dalam carano disuguhkan kepada tamu terhormat yang datang.

Carano juga digunakan sebagai alat untuk menyelesaikan keributan atau perselisihan seperti di rumah tangga atau di gelanggang pencak silat. Sebelum memulai pembicaraan atau perundingan tamu yang datang disuguhi sirih pinang dalam carano.

Namun, tradisi ini tak luput dari perubahan. Ada yang menjalankannya dengan cara praktis. Misalnya, menggunakan rokok sebagai pengganti sirih. Hal ini biasanya kita temukan pada masyarakat Minangkabau di perkotaan. Padahal, makna dari memberikan sirih tidak sama dengan memberikan rokok.

Sirih dalam carano sudah menjadi simbol penyambutan tamu oleh masyarakat Minangkabau. Simbolisasi tersebut dapat kita temukan pada berbagai karya seni baik lukisan dan patung, seperti Tugu Selamat Datang di Kota Padang.




Jadi pada pembahasan tentang filosofi carano dan isiannya di minangkabau, mengemukakan bahwa sangat pentingnya carano dan  isianya pada upacara adat di minangkabau dan betapa arif dan bijaksananya ninik atau orang terdahulu telah memikirkan jauh kedepan, memikirkan kelansungan hidup bermasyarakat untuk generasi penerusnya.  

Carano dan isiannya yang memiliki filosofi dan makna yang penting bagi masyarakat Minangkabau Meskipun demikian masih ada lagi alat untuk upacara adat di Minangkabau. Semakin dikupas tradisi kita, jadi makin tahu Indonesia (budi)
×
Kaba Nan Baru Update