Notification

×

Iklan

Iklan

Mahasiswa KKN-PPM UNAND Lakukan Survei Jalan Bersama Staf Wali Nagari Baringin

30 Agustus 2022 | 14.58 WIB Last Updated 2022-08-30T08:00:38Z

Oleh :Mhd. Irfan Fadila Rahman

pasbana - Jalan raya adalah jalan utama yang menghubungkan  antara suatu wilayah/kawasan dengan wilayah/kawasan lainnya dalam sektor perhubungan terutama untuk kesinambungan distribusi barang dan jasa. Jalan raya sangat bermanfaat bagi masyarakat sekitar karena menjadi sektor penghubung utama untuk mengangkut hasil tani .

 

Terdapat beberapa tahapan agar suatu jalan bisa di katakan sebegai jalan raya. Salah satunya yaitu sebelum menjadi jalan raya maka diawali dengan pembangunan jalan desa yang menjadi perintis dari jalan raya. Nagari Baringin merupakan salah satu desa di kawasan Kabupaten Tanah Datar, Provinsi Sumatera Barat yang sedang giat dalam melakukan pembangunan jalan desa. Hal ini dikarenakan masih banyak kawasan yang mengalami kesulitan dalam mengangkut hasil tani.

 

Tidak tanggung- tanggung pemerintah nagari baringin membangun 2 ruas jalan sekaligus. Kedua ruas jalan ini di bangun di Jorong Bukik Gombak, Nagari Baringin, Tanah Datar, Sumatera Barat. Jalan yang dibangun diharapkan dapat mempermudah akses masyarakat untuk membawa hasil panen padi, mengingat sebagian masyarakat bekerja sebagai petani. 

 

Peninjauan atau survei di lapangan merupakan suatu kegiatan penting sebelum melakukan pembangunan jalan.   Hal ini mengingat banyak hal yang harus diperhatikan dalam pembuatan jalan, di antaranya kondisi lokasi dan ukuran wilayah yang akan di bangun jalan.

 

Survei dilakukan di dua lokasi berbeda yang saling berdekatan, lokasi pertama yaitu di Parak Karambia yang mana pembukaan jalan setapak atau jalan desa yang akan dibangun sepanjang 180 meter dengan lebar kurang lebih 3 meter.   

 

Sedangkan jalan kedua yang tidak jauh dari lokasi Parak Karambia yaitu Polak Obah dibuka juga jalan setapak sepanjang 39 meter. Kedua jalan ini direncanakan dibangun dengan coran beton manual dengan masyarakat bergotong royong membantu membangun jalan tersebut. 

 

Untuk itu sangat penting di lakukan survey lapangan sebelum jalan tersebut dibangun. Agar tidak terjadi kegagalan dalam pembangunan jalan. Oleh karena itu perlu di kaji dampak jalan yang akan dibangun terhadap lingkungan. Dampak lingkungan menjadi salah satu hal penting yang harus diperhatikan karena ditakutkan akan menimbulkan kerugian yang cukup besar terhadap lingkungan.

 

Melakukan survei dan mengetahui siapa saja yang akan bekerja pada proyek jalan tersebut dilanjutkan dengan pemancangan untuk menentukan titik lokasi jalan. Pekerjaan dilakukan mulai dari 1 Agustus 2022. Masyarakat yang berada di sekitar lokasi jalan yang akan dibangun merasa sangat senang dan bahu membahu membantu proses pembangunan jalan agar berjalan dengan baik .

 

Mahasiswa KKN Unand jga ikut membantu survey dan juga pemancangan pada jalan tersebut, bersama dengan perangkat wali mendampingi mahasiswa di lapangan.

 

“Alhamdulilah, anak-anak KKN unand semuanya totalitas dan bagus-bagus di lapangan. Kami pihak nagari sangat terbantu dengan adanya mahasiswa KKN unand ini. Terimakasih sudah terlibat dan turun ke lapangan, semoga kedepannya makin sukses, " ungkapan tulus Bu Dessy Ariska,S.T selaku Kasi Kesejahteraan di Wali Nagari Baringin yang mendampingi mahasiswa KKN turun ke lapangan.

 

Mahasiswa KKN Unand yang terlibat dalam program ini adalah Rahimmah Amirna (Teknik Sipil), Mhd Irfan Fadilla Rahman (Teknik Mesin), Findi Rahma Putri (Teknik Elektro), Muhammad Imam Maulana (Teknik Elektro). (*)


×
Kaba Nan Baru Update