Notification

×

Iklan

Iklan

TMMD ke 114 di Wilayah Kodim 0307 Tanah Datar Tahun 2022 Resmi Ditutup

24 Agustus 2022 | 20.45 WIB Last Updated 2022-08-24T13:45:18Z


Tanah Datar, pasbana - Tentara Manunggal Masuk Desa (TMMD) ke 114 di Wilayah Kodim 0307 Tanah Datar Tahun 2022 resmi ditutup. 

Upacara penutupan dipimpin Danrem 032 Wirabraja Brigjen TNI Purmanto di lapangan Pincuran Ampaleh Jorong Cubadak Randah Nagari Tanjung Bonai Kecamatan Lintau Buo Utara, Rabu (24/8/2022) . 

Kegiatan ini juga dihadiri Bupati Tanah Datar Eka Putra, Ketua DPRD Rony Mulyadi Dt.Bungsu, Dandim 0307 Tanah Datar Letkol Czi Sutrisno. 

Dalam sambutan Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) selaku penanggungjawab operasional TMMD dibacakan Danrem mengatakan, TMMD menjadi momentum meningkatkan kebersamaan, gotong royong dan kemanunggalan antara Tentara Nasional Indonesia (TNI) bersama rakyat dalam mengakselerasi program Pemerintah Daerah untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

"Terima kasih kepada seluruh personil TNI dan masyarakat serta pihak lainnya yang sebulan penuh telah menyukseskan pelaksanaan TMMD baik secara moril ataupun materil dalam mempercepat pembangunan di wilayah," kata Purmanto. 

Dikatakan dia lagi, pelaksanaan TMMD di Wilayah Kodim 0307 Tanah Datar berjalan lancar, karena telah mampu membuka jalan baru 4.100 meter dengan lebar 6 meter, irigasi 200 meter, pembangunan 3 unit Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) dan penanaman 1.000 pohon serta beberapa kegiatan non fisik seperti penyuluhan.

"Ada lima pesan dan harapan dari Kasad, yakni agar terus memelihara semangat kebersamaan TNI bersama masyarakat, semangat gotong royong, terus pelihara hasil pembangunan yang dilaksanakan, kepada Dansatgas untuk segera lakukan evaluasi dan selepas penutupan prajurit Satgas TMMD untuk kembali ke induk pasukan masing-masing," tukasnya.

Hal sama disampaikan Dandim 0307 Tanah Datar Letkol Czi Sutrisno yang mengatakan, berkat dukungan pemerintah daerah dan kerjasama masyarakat bersama TNI, Polri dan OPD lainnya, semua rencana program kegiatan semuanya mencapai hasil 100% selesai. 

"Alhamdulilah, setelah sebulan penuh pelaksanaan program yang direncanakan semuanya sudah mencapai 100%,mulai dari pembukaan jalan sepanjang 4.100 meter dengan lebar 6 meter sampai dengan berbagai kegiatan penyuluhan yang melibatkan 150 personil TNI, 40 orang masyarakat dan 25 OPD setiap harinya, terima kasih atas dukungan semua pihak," katanya.

Tokoh masyarakat setempat yang juga anggota DPRD Tanah Datar Nursal menyampaikan ucapan dan ungkapan terima kasih atas pelaksanaan TMMD di Nagari Batu Bulek Kecamatan Lintau Buo Utara. 

"Atas nama masyarakat, saya mengucapkan ungkapan dan ucapan terima kasih atas kerja keras semua pihak dalam melaksanakan TMMD ini. Semoga apa  yang telah dibuat menjadi amal saleh dan bermanfaat bagi masyarakat sekitar," ujarnya. 

Sementara itu Bupati Eka Putra juga menyampaikan apresiasi dan terima kasih atas pelaksanaan TMMD di Nagari Batu Bulek Kecamatan Lintau Buo Utara. 

"Alhamdulillah, pelaksanaan TMMD sudah berakhir dengan kondisi program yang direncanakan sudah 100%, terima kasih tim Satgas TMMD dan masyarakat yang turut terjun langsung menyumbangkan tenaga dan pikirannya," katanya. 

Eka menambahkan, betapa besar manfaat pelaksanaan TMMD dalam mendukung program pembangunan di daerah. 

"Pemerintah Daerah baru mampu membantu sebesar Rp1 miliar untuk kegiatan ini. Sekiranya diukur dengan nilainya, mungkin untuk pembuatan jalan baru hanya sampai 2.000 meter saja, namun dalam TMMD ini jalan mampu diselesaikan 4.100 meter, irigasi 200 meter, pembangunan 3 RTLH dan berbagai program non fisik, tentunya hasil ini sungguh luar biasa sekali," sampainya. 

Senada dengan Dandrem, Eka Putra juga berharap disamping dimanfaatkan secara maksimal, khusus untuk pohon yang ditanam, ia berharap masyarakat menjaga serta merawat sehingga pohon bisa besar dan berbuah. 

"Untuk jalan, tentu sesuai dengan ketersediaan dana di APBD Tanah Datar akan bertahap untuk ditingkatkan menjadi jalan aspal, yang pasti kondisi saat ini tentu sudah membantu masyarakat dalam mengangkut hasil pertaniannya, karena itu tolong dijaga dan dirawat, termasuk 1.000 pohon yang ditanam," tukas Eka.

Selain pemukulan gong, juga dilaksanakan pelepasan tanda TMMD dan juga penandatanganan berita acara penyerahan hasil TMMD dari Danrem 032 Wirabraja kepada Bupati Tanah Datar. 

Turut hadir Gubernur Sumbar diwakili Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, Forkopimda Tanah Datar, Kepala OPD dilingkungan Pemda Tanah Datar, Camat Lintau Buo Utara, Wali Nagari dan undangan lainnya. (Rel/bd) 
×
Kaba Nan Baru Update