Notification

×

Iklan

Iklan

Untuk Menuju Financial Freedom, Literasi Keuangan Fondasinya

21 Agustus 2022 | 14.38 WIB Last Updated 2022-08-21T08:11:48Z

Pasbana - Pemahaman literasi keuangan sangat diperlukan untuk bisa terhindar dari permasalahan keuangan seperti tidak punya tabungan, terlilit utang, hingga rentan terjebak investasi bodong. 

Banyak keuntungan dari memahami literasi keuangan. Salah satunya adalah sebagai fondasi menuju Financial Freedom alias kebebasan finansial. Ini selaras dengan euforia Hari Kemerdekaan Indonesia saat ini. Agar keuangan kita bisa merdeka seutuhnya. 

Financial Freedom adalah suatu tahap di mana seseorang memiliki penghasilan pasif (passive income) yang dapat mencukupi kehidupan sehari-hari sesuai dengan gaya hidupmu. Jadi tidak perlu lagi pusing mikirin cari uang and just enjoy your life! Makanya tidak heran kalau financial freedom ini adalah wishlist bagi banyak orang.

Manfaat dari financial freedom adalah, pertama, jadi Independen secara finansial, karena kita sudah mandiri dengan finansial, jadi tidak perlu lagi harus bergantung ke kerabat atau bahkan cari pinjaman lain untuk menopang kebutuhan finansialmu. Selain itu, kamu juga bisa memutus lingkaran sandwich generation

Kedua, tidak perlu khawatir memikirkan cara memenuhi kebutuhan, soalnya kamu sudah punya dana yang cukup, jadi tidak perlu pusing cari cara memenuhi kebutuhan sehari-harimu. Kamu bisa hidup dengan nyaman dan merasa cukup.

Ketiga, bisa fokus dengan hal yang disukai: karena kamu mempunyai stabilitas finansial, kamu nggak perlu worry untuk melakukan hal-hal yang kamu suka. Misalnya melakukan hobi atau bahkan liburan. Kalaupun tetap mau bekerja, kamu juga bisa kerja sesuai passion yang bikin kamu senangi. 

Literasi keuangan merupakan langkah awal agar kamu bisa mencapai financial freedom. Sebab untuk mencapai financial freedom, kamu harus tahu dulu caranya mengelola keuangan, perencanaan tujuan keuangan, agar kamu juga dapat mengambil keputusan dan strategi finansial yang sesuai untukmu. Semua itu bisa dilakukan jika kamu punya fondasi literasi keuangan yang kuat. Jadi memang harus step by step. 

Berikut tahapan atau level menuju Financial Freedom, pertama, Financial Literacy: di level ini, kamu sudah bisa memahami literasi keuangan seperti pengelolaan keuangan, perencanaan tujuan keuangan, hingga Investasi  serta situasi keuanganmu sendiri.

Sehingga tahu strategi apa yang perlu kamu lakukan untuk mencapai tujuan keuangan. Karena setiap orang punya kondisi finansial yang berbeda, sehingga cara mencapai tujuan juga pasti berbeda. 

Kedua, Financial Security, intinya, financial security ini menunjukkan bahwa kondisi keuanganmu ada di level aman. Kamu memiliki dana darurat dan asuransi, sehingga tidak perlu cemas jika keadaan darurat terjadi. Di level ini, kamu juga sudah bisa memenuhi kebutuhan dasar. 

Ketiga, Financial Independence, satu langkah lagi mencapai financial freedom. Di level ini, kamu sudah memiliki dana yang cukup untuk memenuhi segala kebutuhan hidup. Jadi nggak perlu lagi bergantung pada orang lain untuk mencukupi keperluan finansialmu.

Ada banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk mencapai financial  freedom. Kesimpulannya, mencapai financial freedom merupakan  perjalanan  yang panjang dan tidak bisa instan. Tapi jangan langsung minder dulu! Yang penting kamu terus memperdalam pengetahuan dalam literasi keuangan untuk diterapkan dalam pengelolaan finansial kamu. 

Karena tidak ada kata “berhenti” untuk belajar. Dan jangan lupa juga untuk terus produktif bekerja dan konsisten berinvestasi agar kita bisa merdeka finansial suatu hari nanti! (Budi) 
×
Kaba Nan Baru Update