Notification

×

Iklan

Iklan

Ma’had Aly Sumatera Thawalib Parabek Wisuda 27 orang Mahasantri setingkat S1

22 September 2022 | 08.58 WIB Last Updated 2022-09-22T17:59:57Z


PASBANA, AGAM- Bupati Agam, H Andri Warman hadiri wisuda ke-2 Ma’had Aly Sumatera Thawalib Parabek, di Grand Rocky Hotel Bukittinggi, Selasa (20/9/2022).


Ma’had Aly Sumatera Thawalib Parabek tahun ini meluluskan 27 mahasantri setingkat S1 dari prodi Fiqh dan Ushul Fiqh.


“Selamat wisudawan/wisudawati yang telah menyelesaikan pendidikannya di Ma’had Aly Sumatera Thawalib Parabek,”kata Andri.


Ma’had Aly dalam konteks kepesantrenan di Indonesia, katanya, bisa digolongkan wacana baru, karena belum semua pondok yang punya.


Namun, Sumatera Thawalib Parabek sudah miliki Ma’had Aly, bahkan telah menggelar wisuda angkatan ke-2.


“Ma’had Aly adalah perwujudan dari kesadaran para ahli pendidikan agama tentang perlunya penanganan pendidikan secara optimal, agar dapat menghasilkan alumni profesional dan proaktif,” ujarnya.


Dengan begitu, ia berharap Ma’had Aly juga ada di pondok pesantren lain di Agam, karena menurutnya ini bukti perkembangan yang baik terhadap lembaga pendidikan.


“Apalagi Agam daerah terbanyak miliki pondok pesantren di Sumbar, yang diharapkan terus berkembang,”imbuhnya.


Tidak hanya ponpes, Kabupaten Agam juga miliki Ma’had Aly terbanyak di Sumbar. Kekinian Agam punya dua  Ma’had Aly yaitu di Sumatera Thawalib Parabek dan MTI Canduang.


“Di Sumbar hanya ada tiga yaitu, dua di agam dan satu di Padang Panjang. Ini suatu kebanggaan bagi kita di Agam sebagai daerah kelahiran tokoh nasional terbanyak di Sumbar,”tambahnya. (Rel/b) 

×
Berita Terbaru Update