Notification

×

Iklan

Iklan

Karena Hilang Kendali, Bus Pariwisata Seruduk Tiga Rumah dan Pejalan Kaki

15 Desember 2022 | 20.28 WIB Last Updated 2022-12-15T13:28:23Z


Tanah Datar, pasbana - Satu unit bus pariwisata mengalami kecelakaan di Kota Padang Panjang, Sumatera Barat, Kamis (15/12/2022). Bus menabrak 3 rumah warga, 3 pejalan kaki, dan sepeda motor yang terparkir di pinggir jalan.

"Secara keseluruhan, kecelakaan menyebabkan empat orang mengalami luka," kata Kasat Lantas Polres Padang Panjang, IPTU Aldy Lazuardi kepada wartawan.

Aldy menjelaskan, kecelakaan terjadi sekitar pukul 09.00 WIB di Jalan Raya Padang Panjang-Bukittinggi, tepatnya di Jororong Subarang, Nagari Koto Baru Kecamatan X Koto, Kabupaten Tanah Datar.

Saat kejadian, bus pariwisata bernomor polisi BA 7030 LA yang berisi 44 penumpang, melaju dari arah Bukittinggi menuju Padang Panjang. Sampai di tempat kejadian, bus yang dikemudikan sopir bernama Meldi tersebut hilang kendali. Bus dengan cepat menabrak rumah warga, setelah keluar badan jalan dan menabrak bibir parit.

"Diduga bus kehilangan bola-bola stir, sehingga hilang kendali dan keluar badan jalan," terang Kasat Lantas.

Sebelum menabrak 3 rumah warga, bus juga menyapu 3 sepeda motor yang terparkir dan menabrak 3 pejalan kaki atas nama Asrul, Firman Ilahi dan Gusril. Sementara, para penumpang bus selamat dari maut. Hanya Iqbal, sopir bus yang ikut mengalami luka ringan.

Kasus kecelakaan tersebut kini ditangani oleh Satlantas Polres Padang Panjang. Petugas juga sedang berusaha melakukan evakuasi kendaraan dan membawa barang bukti ke Mapolres. Sopir dan kenek bus yang menyebabkan kecelakaan kini telah diamankan. Ia diancam dengan Pasal 310 Ayat 1 dan 2 Undang-undang Lalu Lintas Angkutan Jalan (UULLAJ) dengan ancaman hukuman mencapai 5 tahun penjara. (Rel/bd) 
×
Kaba Nan Baru Update