Notification

×

Iklan

Iklan

Manusia Menguap Bisa 20 Kali Sehari, Ini Jawabannya

25 Januari 2023 | 10.24 WIB Last Updated 2023-01-25T03:24:44Z

Pasbana - Frekuensi manusia menguap mencapai hingga kurang lebih 20 kali dalam sehari. Namun, apa sebenarnya fungsi menguap pada tubuh manusia? Ketahui jawabannya pada penjelasan berikut.

Ternyata menguap, membantu mengatur suhu tubuh dan otak. Sebuah studi tahun 2007 oleh profesor psikologi Andrew Gallup menyimpulkan bahwa menguap berfungsi untuk mengatur suhu tubuh dan otak. 

Saat manusia membuka mulut untuk menguap, rahang kita meregang ke posisi paling bawah, ini ternyata meningkatkan aliran darah di area yang kemudian didinginkan dengan asupan udara yang cepat.

Frekuensi menguap akan meningkat di lingkungan hangat. Ketika kita berada di lingkungan yang hangat, frekuensi menguap kita pun meningkat. Tetapi ketika kita berada di lingkungan yang lebih dingin, tingkat menguap pun menurun.

Di penghujung hari yang panjang dan melelahkan akibat aktivitas otak yang meningkatkan suhunya, menguap berfungsi sebagai penyejuk bagi orang yang benar-benar mengantuk.

Mengapa Kita Menguap Ketika Melihat Orang Lain Menguap?

Sifat menguap yang menular diyakini berasal dari empati, atau pengakuan bawaan bahwa jika orang lain membutuhkan pendinginan otak, Anda mungkin juga membutuhkannya.(bd) 
×
Kaba Nan Baru Update