Notification

×

Iklan

Iklan

Membludak, Jamaah Sholat Idul Fitri di Halaman Masjid Taqwa Muhammadiyah

21 April 2023 | 13.26 WIB Last Updated 2023-04-21T08:54:24Z

PADANG PANJANG, PASBANA-- Pimpinan Pusat Muhammadiyah, sudah memutuskan untuk Idul Fitri 1444 H jatuh pada 21 April 2023, Jumat. Menjalankan apa yang menjadi keputusan Pimpinan Pusat Muhammadiyah, Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Padangpanjang, Batipuh, X Koto menggelar sholat Idul Fitri di halaman Masjid Taqwa Muhammadiyah Padangpanjang. Namun tidak disangka-sangka, jemaah Sholat Idul Fitri yang digelar oleh PDM Pabasko tersebut membludak.

Ketua Panitia, Suheri Sukma mengatakan banyaknya jemaah Sholat Idul Fitri itu sering terjadi mana kala terjadi perbedaan penetapan tanggal 1 Syawal antara Pemerintah dan Muhammadiyah.




"Ya kalau hari Idul Fitri-nya berbeda. Biasanya memang jadi lebih banyak jemaahnya. Tapi ini benar-benar diluar ekspektasi kami selaku panitia," ungkapnya.

Suheri menjelaskan setidaknya terdapat ribuan jamaah baik laki-laki maupun perempuan, memadati lokasi. Sejak setelah subuh, warga yang ikut sholat Idul Fitri di halaman Masjid yang terletak di Jalan KH Ahmad Dahlan ini, terus berdatangan.

"Awalnya kita perkirakan hanya warga persyarikatan saja yang akan melaksanakan sholat di sini, ternyata ini lebih dari seribu orang berkumpul memadati tempat yang kami sediakan," jelasnya.




Beberapa tempat yang berada disekitar mesjid menjadi parkir kendaraan. Termasuk di pinggir jalan karena tidak mampu menampung jamaah yang datang. Para petugas pelaksanaan salat Idul Fitri 1444 H bahkan harus mengatur dengan ekstra, warga yang datang.

Beberapa masyarakat yang tidak tertampung di halaman Masjid Taqwa Muhammadiyah, terpaksa dialihkan ke jalan raya yang sebelumnya telah disterilkan oleh petugas kepolisian. Tidak hanya itu, beberapa di antaranya menggelar sajadahnya di halaman kantor Kejaksaan Negri yang terletak di seberang jalan.

Atas nama PDM Pabasko, Suheri mengucapkan terimakasih kepada pihak kepolisin dan satpol PP yang telah membantu mensterilkan jalan utama kota tersebut, sehingga warga dapat melaksanakan sholat Ied secara berjamaah. 




"Terimakasih kepada pihak kepolisian dan satpol PP yang bertugas. Semoga ini menjadi amal ibadah bagi kita semuanya," ungkapnya.

Seperti diketahui sebelumnya Pemerintah telah menetapkan 1 syawal jatuh pada hari Sabtu, 22 April 2023, namun beberapa Masjid dikota Padangpanjang sudah memutuskan untuk ikut dengan hasil Hisab yang dikeluarkan oleh Pimpinan Pusat Muhammadiyah. Menurut pantauan media terdapat 21 Masjid ditambah halaman SMP 3 Padangpanjang yang menggelar Sholat Ied pada hari Jum'at.

Sementara pemerintahan Kota Padang Panjang sendiri akan melaksanakan sholat Ied pada hari Sabtu di Islamic Centre Kota Padang Panjang.(JE) 
×
Kaba Nan Baru Update