Notification

×

Iklan

Iklan

Cari Solusi Terkait Jalan Rawan Laka di Nagari Panyalaian X Koto, Pemkab Sambangi Kemenhub

20 Mei 2023 | 16.55 WIB Last Updated 2023-05-20T09:58:03Z


Tanah Datar, pasbana - Menyikapi sering terjadinya kecelakaan beruntun di jalan nasional tepatnya di Nagari Panyalaian, Kecelakaan X Koto, Pemerintah Kabupaten Tanah Datar temui Direktorat Jendral Perhubungan Darat, Kementerian Perhubungan Republik Indonesia terkait perihal tersebut.

Pemerintah Kabupaten Tanah Datar, mengusulkan beberapa kebutuhan dan perlengkapan yang akan dipasang di jalan penghubung Padang-Bukittinggi tersebut.

Diantaranya rambu peringatan, rest area, hingga sarana tempat tanjakan darurat bagi kendaraan yang mengalami rem blong.

"Kita telah usulkan beberapa kebutuhan dan perlengkapan yang akan dipasang di jalan nasional tepatnya di Nagari Panyalaian yang sering terjadi kecelakaan beruntun," kata Kepala Dinas Perhubungan Tanah Datar  Nusirwan, melalui Pesan WhatsApp Kamis, (18/5/2023).

Nusirwan menjelaskan terkait dengan usulan ke Dirjen Perhubungan Darat tersebut, untuk sarana tempat tanjakan darurat pada kendaraan yang mengalami rem blong direncanakan disediakan disebelah kiri jalan, atau di lahan rel kereta api.

Karena kondisi rel tersebut tidak aktif, untuk itu dimohonkan bantuan Dirjen Perhubungan Darat untuk mengkoordinasikannya  denga Ditjen Perkeretaapian.

Karena lokasi tersebut juga memakai lahan kereta api, secara lisan juga diusulkan pembuatan rest area sebagai lokasi istirahat bagi sopir dan pendinginan rem truk dan bus sebelum penurunan tajam itu dimulai.

Nusirwan juga mengusulkan untuk mengaktifkan kembali jembatan timbang untuk memeriksa kelengkapan surat dan kondisi kelayakan kenderaan truk dan muatan sebelum melewati jalan Panyalaian.

Selain itu juga melakukan razia terpadu antara Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD) wilayah III Sumatera Barat, Dishub Tanah Datar dan Kepolisian dalam mewujudkan zero ODOL (Over Dimensi Over Load).

"Terakhir kita juga mengusulkan kebutuhan rambu jalan dalam rangka meminimalisir kemacetan pada  ruas jalan nasional di Pasar Rabaa Kecamatan X Koto," kata dia. (Rel/bd) 
×
Kaba Nan Baru Update