Notification

×

Iklan

Iklan

Tata Suara Film: Media Komunikasi yang Tak Terlihat

27 Mei 2023 | 18.58 WIB Last Updated 2023-05-27T13:03:25Z

Padang Panjang, PASBANA - Komunitas Seni Kuflet Padang Panjang mengadakan diskusi rutin dengan materi '' Tata Suara Film" Sabtu, (27/5/2023) di Sekretariat Komunitas Seni Kuflet Kampung Jambak dengan narasumber Maksalmina, S. Sn dimoderatori Nela Febri Yasmi.

Akbar Ketua Umum Komunitas Seni Kuflet berterima kasih kepada narasumber yang telah bersedia membagi ilmu dan pengalamannya bersama anggota Komunitas Kuflet. 

Maksalmina mengatakan bahwa suara di film kebanyakan adalah suara yang diciptakan ulang dengan berbagai alat yang menghasilkan suara yang sama dengan layar filmnya. 




" Audio yang digunakan biasanya diunduh, dibeli dan dibuat sendiri. "  ungkap Maksalmina Sarjana Seni lulusan Televisi dan film ISI Padang Panjang sekaligus alumni Komunitas Seni Kuflet.

Maksal Mina menambahkan, bahwasanya dalam pengeditan terdapat banyak bagian editing video, editing audio, editing Computer Generated Imagery atau disingkat CGI, CGI merupakan sebuah proses pembuatan konten visual atau animasi sebagai media komunikasi yang tidak terlihat dengan menggunakan perangkat lunak komputer. 

" Pro Tools adalah aplikasi yang digunakan sebagai pengeditan suara video atau film. Biasanya aplikasi edit berbayar dan digunakan oleh editor yang sudah mahir seperti editor film, bioskop, dan film series. Di dalam bioskop terdapat banyak speaker di dalam ruangan contohnya: suara helikopter berada di atas" ungkapnya.

Sarah Samosir mengatakan, "Materi Tata Suara Film  yang diberikan bang maksal sangat bermanfaat. Banyak ilmu mengenai film yang jarang saya ketahui seperti proses pembuatan Tata Suara pada Film" Tutur Anggota Komunitas Seni Kuflet itu. 




Ichsan saputra mengatakan "Kesempatan yang luar biasa mendapatkan pengalaman dalam diskusi yang diajarkan oleh seorang senior  hebat yang  menjadi sebuah panutan dan banyak pengalaman, dalam diskusi ini pemateri sudah berkecimpung di dunia perfilman Indonesia dan juga mendapatkan penghargaan tentunya Festival Film Indonesia dan saya sangat merasa bangga mendapatkan materi yang luar biasa ini". Ucap Ichsan sebagai  Anggota Komunitas seni kuflet. 

Maksal Mina lebih lanjut.mengatakan, "Didalam video yang bagus jangan menganggap remeh terhadap Tata Suara, Tata suara dalam sebuah video sangat penting. Namun kebanyakan orang tidak terlalu memperhatikan penataan suara karena dengan adanya gambar yang bagus belum tentu hasilnya bagus tapi dengan adanya Tata Suara yang baik semuanya menjadi komplit baik itu secara visual maupun secara apa yang kita dengar". Ungkapnya mengakhiri perbincangan diskusi sore di sekre Kuflet. (*/ Fazha)
×
Kaba Nan Baru Update