Notification

×

Iklan

Iklan

Deretan Prestasi Walikota Bukittinggi dan Keresahannya Sebagai Pimpinan Daerah

05 Juli 2023 | 14.27 WIB Last Updated 2023-07-05T08:45:23Z

Oleh : Otong Rosadi
(Pendiri Teladan Institut, Pengamat Hukum & Kebijakan Publik)

Pasbana - Ada banyak prestasi yang diraih Walikota Bukittinggi H. Erman Safar,S.H. Di tahun ini saja belasan penghargaan sudah diterimanya. Belum lagi tahun-tahun sebelumnya.

Belum sepekan, Erman Safar terima Penghargaan Inovatif Leader dari Universitas Mohammad Natsir, Sabtu 1 Juli 2023. Penghargaan ini diberikan atas dedikasi Walikota Bukittinggi dalam menjalankan Program Ekonomi Kerakyatan, UMKM, Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

Selasa 4 Juli 2023, Erman Safar kembali ukir prestasi tingkat nasional, menjadi satu satunya wali kota di Provinsi Sumatra Barat yang menerima tanda kehormatan Manggala Karya Kencana (MKK) 2023.

Bersama Walikota, Ketua TP PKK Bukittinggi, Ny. Fiona Agyta Erman Safar, juga menerima tanda kehormatan Manggala Karya Kencana, kategori Ketua Tim Penggerak PKK.

Penghargaan nasional itu, diserahkan Kepala BKKBN Dr. (H.C). dr. Hasto Wardoyo, Sp. OG. (K), dalam acara Gala Dinner Hari Keluarga Nasional (HARGANAS) ke-30, di Puri Agung, Rumah Dinas Gubernur Provinsi Sumatera Selatan.

Berdasarkan Keputusan Kepala BKKBN Nomor 118/KEP/G2/Tahun 2023 tentang Penerima Tanda Penghargaan Manggala Karya Kencana, Wira Karya Kencana, Dharma Karya Kencana, dan Cipta Karya Kencana Tahun 2023, Wali Kota Bukittinggi, Erman Safar, bersama Ketua TP PKK, Ny. Fiona Erman Safar, ditetapkan sebagai Penerima Tanda Penghargaan Bidang Pembangunan Keluarga, Kependudukan dan Keluarga Berencana Tahun 2023. 

Lalu apa artinya dua penghargaan untuk Walikota Bukittinggi dalam satu pekan ini?Tentu saja ini haruslah dimaknai sebagai keberhasilan bersama jajaran Pemerintah Kota Bukittinggi dan seluruh pemangku kepentingan di Bukittinggi.

Bukittinggi Hebat, bukan semata slogan. Penghargaan terakhir ini wujud dari Hebat Bidang Kesejahteraan Rakyat. 

Ada program-kegiatan hebat untuk mewujudkan Bukittinggi Hebat di Bidang Kesejahteraan Rakyat diantaranya *Sekolah keluarga*. Program Sekolah Keluarga ini, bertujuan untuk meningkatkan indeks pembangunan keluarga, yang diukur dari tiga dimensi, ketentraman dengan empat indikator, kemandirian dengan 5 indikator dan kebahagiaan dengan 2 indikator.

Bukittinggi memang termasuk kota yang IPM tertinggi di Provinsi Sumatera Barat.  Bukittinggi mendapatkan “Kenaikan  IPM tertinggi tahun 2022 di Sumatera Barat”. IPM Kota Bukittinggi mengalami peningkatan dari 80,58 tahun 2020, menjadi 80,70 pada tahun 2021 atau meningkat sebesar 0,12 dan meningkat cukup signifikan tahun 2022 menjadi 81,42 atau mengalami peningkatan sebesar 0,72.

Bukittinggi memang termasuk kota yang IPM tertinggi di Provinsi Sumatera Barat, namun prestasi ini tidak boleh membuat Pemko lengah. Ada banyak prestasi, ada pula target yang harus diraih lagi. Termasuk ada masalah yang tetap harus diselesaikan. 

Walikota tidak boleh berpuas diri atas capaian. Pemimpin yang baik haruslah selalu resah dengan masalah yang ada di masyarakat. Pemimpin itu harus punya sense of crisis Idealnya harus tidur lebih lambat dari warganya dan bangun lebih awal dari yang dipimpinnya. 

Keresahan ini pula, yang saya yakin mendasari Walikota merespon cepat problem-problem sosial di Bukittinggi. Kenakalan remaja, penyimpangan sosial,  kurangnya fasilitas bermain, wahana peningkatan prestasi pemuda dan lain-lain. 

Pak Wako teruslah resah atas apa yang terjadi dan dirasakan oleh warga Bukittinggi. Lalu carikan solusi dan berbuatlah yang terbaik untuk warganya. 

Untuk ini semua bersiaplah lebih lelah bahkan menderita. Bukankah pemimpin itu menempuh jalan sunyi dan memimpin itu menderita.

 Leiden is lijden adalah pepatah kuno Belanda yang dikutip oleh Mohammad Roem dalam karangannya berjudul “Haji Agus Salim, Memimpin adalah Menderita” (Prisma No 8, Agustus 1977). 

Selamat Terus Berkhidmat Pak Walikota bersama Wawako, Sekda, DPRD, Tokoh Masyarakat, dan semua warga Bukittinggi.(*) 
×
Kaba Nan Baru Update