Notification

×

Iklan

Iklan

Bunda Literasi Solsel Dikukuhkan

23 November 2023 | 20.04 WIB Last Updated 2023-11-24T01:07:26Z



Solok Selatan, pasbana - Bupati Solok Selatan H. Khairunas menghimbau agar OPD terkait mempersiapkan strategi dan menjalankan program peningkatan literasi kepada anak-anak sejak dini. Sebab, literasi sangat dibutuhkan untuk menangkal hal-hal negatif yang beredar di masyarakat.

Hal ini disampaikan dalam acara Pengukuhan Bunda Literasi Kabupaten Solok Selatan di Kantor Dinas Perpustakaan dan Kearsipan, Kamis (23/11/2023).

"Saya minta agar menjalankan strategi dan program peningkatan literasi kepada anak-anak Solok Selatan sejak dini. Bersama dengan OPD terkait terutama Dinas Perpustakaan dan Kearsipan," kata Khairunas siang ini.

Bupati juga mengharapkan program literasi ini menyasar langsung dan dipraktekkan oleh siswa di sekolah-sekolah.

Selain itu juga diharapkan adanya program yang dapat meningkatkan kunjungan pelajar ke Perpustakaan Daerah dan langsung mendapatkan sosialisasi dan pembinaan literasi di gedung tersebut.

Dengan adanya Bunda Literasi yang telah dikukuhkan, Khairunas juga mengharapkan bisa teratasinya persoalan-persoalan tersebut dan menjadi promotor serta motivator gerakan peningkatan literasi di Kabupaten Solok Selatan.

Menurutnya, kurangnya literasi di kalangan masyarakat sekarang dapat dilihat dari banyaknya hoaks yang tersebar di media sosial yang memicu perpecahan antara pihak satu dengan pihak yang lain. Bahkan, kurangnya literasi juga berdampak pada terjadinya kriminalitas.

Hal ini terjadinya lantaran rendahnya pengetahuan analisis, pemecahan masalah dan berfikir kritis yang menjadi pondasi utama untuk kecerdasan intelektual.

Adapun Bunda Literasi yang dikukuhkan adalah Ketua TP-PKK Kabupaten Solok Selatan sebagai Bunda Literasi Kabupaten. Juga Ketua TP-PKK Kecamatan selaku Bunda Literasi Kecamatan.

Sementara Bunda Literasi Kabupaten Solok Selatan,  Ny. Erniati Khairunas berupaya mengembangkan program budaya baca dan pembudayaan perpustakaan. Salah satunya melalui pengembangan perpustakaan sebagai sarana belajar yang memiliki fungsi edukatif, informatif, rekreatif, riset dan juga penelitian.

Peran sebagai Bunda Literasi ini berfungsi sebagai pemberi pertimbangan serta pendorong peningkatan literasi di masyarakat.

Dalam kegiatan ini juga dilaksanakan Penandatangan Nota Kesepahaman antara Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Solok Selatan dengan Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Provinsi Sumatera Barat.

Nota Kesepahaman ini berkaitan dengan pembudayaan kegemaran membaca di Solok Selatan.

Selain itu juga dilaksanakan penyerahan hadiah kepada pemenang Lomba Bertutur yang dilaksanakan oleh Dinas Perpustakaan dan Kearsipan. (Rel/bd) 
×
Kaba Nan Baru Update