Notification

×

Iklan

Iklan

Pembuatan Shower Scrub Sebagai Produk Pembersih dan Eksfoliasi di Daerah Padang Sago Kabupaten Padang Pariaman Sebagai Bentuk Pengabdian Masyarakat Departemen Farmasetika Fakultas Farmasi Universitas Andalas

22 November 2023 | 20.25 WIB Last Updated 2023-11-22T13:26:23Z
Gambar 1. Pembukaan acara secara simbolis oleh Camat Padang Sago dan Dekan Fakultas Farmasi Universitas Andalas


Pasbana - Sabun dapat membantu membesihkan tubuh dari berbagai debu dan kotoran , merawat kulit, serta melindungi kulit. 

Sabun memiliki berbagai macam variasi mulai dari bentuk, aroma, dan warna serta memiliki berbagai kandungan yang sangat diperlukan bagi kulit seperti untuk mempertahankan kelembaban kulit ataupun membantu pertumbuhan sel-sel baru jika terjadi kerusakan sel kulit. 

Namun pada umumnya, sabun tidak mampu mengangkat sel-sel kulit yang sudah mati di permukaan kulit karena sabun memiliki tekstur yang licin dan halus, sehingga dibutuhkan bahan yang memiliki tekstur cukup kasar untuk mengangkat sel-sel kulit mati tersebut.

Sabun dengan butiran scrub akan memiliki sifat pengampelas (exfoliator) yang nantinya akan memberikan perawatan dari luar yang dibutuhkan oleh kulit. 

Scrub tersebut mampu membantu mengangkat sel kulit mati dan kotoran yang menyebabkan kulit menjadi kasar dan kusam. 

Menurut data Dinas Kesehatan Padang Pariaman tahun 2015, kasus infeksi kulit menduduki No.6 terbanyak di Kabupaten Padang Pariaman dengan 11.448 kasus. Jumlah ini terbilang banyak sehingga perlu dilakukan penanggulangan sedari dini untuk menekan terjadinya penyakit ini. Salah satu upayanya yaitu menggunakan sediaan sabun yang dapat membersihkan kulit secara optimal. 




Melihat pentingnya sediaan pembersih badan yang sesuai, Departemen Farmasetika Fakultas Farmasi Universitas Andalas melakukan kegiatan pelatihan pembuatan shower scrub sebagai bentuk kegiatan Tridharma Perguruan tinggi yaitu pengabdian kepada masyarakat khususnya masyarakat daerah Padang Sago, Kabupaten Padang Pariaman.

Kegiatan pengabdian masyarakat ini dilakukan sebagai bentuk kepedulian Fakultas Farmasi Universitas Andalas kepada warga Padang Sago, Kabupaten Padang Pariaman agar dapat melatih soft skill masyarakat sehingga dapat membuat kreasi sabun dengan bahan yang mudah didapat. 

Kegiatan pengabdian masyarakat ini merupakan salah satu rangkaian dari acara Bakti Farmasi 2023, yang diadakan di SDN 08 Padang Sago, Kabupaten Padang Pariaman. 

Acara ini diawali dengan sambutan dari Camat Padang Sago, Ibu Zarmiati, S.A.P dan dibuka secara resmi oleh Dekan Fakultas Farmasi, Ibu Prof. Dr. apt. Fatma Sri Wahyuni, Ph.d. Pengabdian masyarakat bidang Farmasetika ini diketuai oleh bapak Dr.apt. Salman, M.Si,  

Pelaksanaan kegiatan ini dipandu oleh panitia pengabdian masyarakat bidang farmasetika yaitu Widya Faizatul Zuhri, Farzana Zalda As-Sajidah, Khalishah Sifa Nasution, serta Raihani Alya .

Gambar 2. Demonstrasi pembuatan produk shower scrub oleh panitia bidang farmasetika kepada masyarakat daerah Padang Sago, Kabupaten Padang Pariaman



Diharapkan dengan terlaksananya kegiatan pengabdian masyarakat ini, masyarakat lebih peduli terhadap kebersihan diri guna mencegah terjadinya berbagai penyakit kulit yang mewabah di masyarakat sehingga tercipta masyarakat yang bersih dan sehat.[*]
×
Kaba Nan Baru Update