Notification

×

Iklan

Iklan

Ajang MTQ Nasional ke-40 Tingkat Sumatera Barat, Agam Raih Peringkat Ketiga

17 Desember 2023 | 21.41 WIB Last Updated 2023-12-18T08:45:36Z


Solok Selatan , pasabana -Kalender perhelatan keagamaan dua tahunan, MTQN ke-40 Tingkat Sumatera Barat, resmi berakhir dan berhasi lahirkan qori/qoriah terbaik. Kafilah Kabupaten Agam raih peringkat III MTQN ke-40 tingkat Sumatera Barat di Solok Selatan tahun 2023 dengan akumulasi nilai 56. Untuk perolehan medali yaitu 6 emas, 7 perak dan 10 perunggu.
Nilai yang diperoleh kafilah luak yang berbendera sirah (merah) tersebut adalah 56 poin di bawah Kota Padang dengan nilai 66 dan Kabupaten 50 Kota dengan perolehan nilai 83 serta dinyatakan sebagai juara umum MTQN ke-40 Tingkat Sumbar. Sedangkan tuan rumah yaitu Kabupaten Solok Selatan meraih peringkat empat dengan kafilah 140 orang.
"Alhamdulillah, ini prestasi membanggakan bagi Kabupaten Agam," ucap Bupati Agam melalui Asisten I Setdakab Agam, Rahman yang menghadiri penutupan MTQ ke-40 di mimbar utama GOR Rimbo Tangah Solok Selatan, Minggu malam (17/12).
Ia berharap, prestasi ini dapat menjadikan Kabupaten Agam lebih baik, khususnya di bidang keagamaan menuju Agam yang madani.
"Terimakasih kepada kafilah telah berjuang, dan memberikan yang terbaik untuk Kabupaten Agam di MTQN Sumbar tahun ini," sebutnya.
Rahman mengingatkan, kafilah yang meraih prestasi terus belajar dan berlatih, karena masih banyak event besar keagamaan untuk diikuti. Begitu juga kepada yang belum berhasil, agar menjadikan kegagalan ini sebagai cambuk untuk lebih giat belajar dan berlatih sesuai cabangnya.
Sementara, Pimpinan Kafilah Agam sekaligus Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Agam, Thomas Febria menjelaskan, 6 emas yang diraih 1 di antaranya eksebisi dari golongan tartil eksekutif putri.
Sedangkan 5 emas lainnya dari golongan lomba tilawah dewasa putra, hafalan 500 hadist putri, hafalan 100 hadist putra, kitab standar putri dan MFQ putra.
Untuk 7 perak dari golongan tafsir bahasa Arab, tahfiz 5 juz non tilawah putra dan tahfiz bahasa Inggris putri. Hafalan 100 hadist putri, MSQ putra, MKTIQ putri dan muratal qira'at dewasa putri.
Kemudian 10 perunggu dari golongan qira'at mujawwad dewasa putra, qira'at mujawwad putri, tahfiz 5 juz tilawah putra, tafsir bahasa Indonesia putra. Selanjutnya khat naskah putra, khat dekorasi putri, khat kontemporer putra, MFQ putri, muratal qira'at remaja putri dan tartil dasar putri.
"Alhamdulillah, hasil terbaik dari kafilah kita yang mampu meraih peringkat 3 Sumatera Barat," sebut Thomas Febria.
Dikatakan, peringkat ini meningkat dibanding MTQN Sumbar tahun sebelumnya di Kota Padang Panjang, yang berada diposisi 5.
"Tahun ini kita mampu memperbaikinya menjadi peringkat 3. Capaian ini sesuai target kita sebelumnya, terimakasih Kafilah Agam," ujarnya.
Selain perolehan juara I, II dan III, Kafilah Agam juga meraih sejumlah juara harapan.
"Untuk juara II hingga harapan III juga diberi hadiah berupa uang tunai," katanya. (rel)
×
Kaba Nan Baru Update