Notification

×

Iklan

Iklan

Prodi DKV ISI Padang Panjang Gelar Pameran Desain Harmoni of Nirmana

17 Desember 2023 | 22.11 WIB Last Updated 2023-12-19T03:16:23Z


Padang Panjang, pasbana — Mahasiswa Program Studi (Prodi) Desain Komunikasi Visual (DKV) Institut Seni Indonesia (ISI) angkatan 2023 menggelar Pameran Tugas Akhir Semester 1 mengangkat tema Harmoni of Nirmana (Harna), Senin (18/12) di Hall Hotel Aulia. 

Tema Harna diambil lantaran setiap karya dan penyusunannya ditata dengan berirama seperti tangga nada.  Pada pameran ini, balok dijadikan media lukis guna memamerkan dasar-dasar nirmana. Di setiap sisi terdapat nirmana titik, nirmana lengkung, nirmana siku, nirmana garis lurus, dan yang paling atas adalah nirmana cap.




Staf Ahli Bidang Pemerintahan, Hukum dan Politik  Setdako, Nofiyanti, S.STP, M.M mengatakan, Pemko sangat mendukung kegiatan ISI. Banyak kolaborasi yang dilakukan antara ISI dan Pemko selama ini. 

“Kami bangga dengan ISI yang telah berkontribusi untuk Kota Padang Panjang,” katanya.

Desain, sebutnya, saat ini memiliki peran penting dan sangat dibutuhkan diberbagai dunia usaha seperti e-Commerce. Prodi DKV merupakan jurusan menjanjikan. Namun mesti dibarengi inovasi yang menyesuaikan dengan zaman. 




Sementara itu, Ketua Prodi DKV, Aryoni  Ananta, M.Sn menyampaikan, pameran ini melibatkan 145 mahasiwa. Pameran tersebut merupakan yang pertama bagi mahasiswa semester I DKV. 

Dikatakannya, Nirmana memiliki arti penting dalam sebuah desain. Melalui Nirmana, seseorang mempelajari ilmu tata rupa. 

“Itu sangat penting ketika mendesain. Ketika ilmu tata rupa itu baik, anda akan tahu membangun harmoni, dan kepekaan estetik. Ketika rasa itu bagus dalam mengolah harmoni melalui Nirmana, saya yakin karya desain yang dihasilkan dikemudian hari akan luar  biasa,” ujarnya. 

Lebih lanjut disebutkan, nirmana walaupun tanpa bentuk, tapi kaya makna.  Lewat nirmana ini, bisa melatih rasa, kepekaan estetik melalui garis, bidang, warna, serta tetap menghasilkan sesuatu yang estetik. Karya Nirmana membawa pada sikap jujur dalam diri. (rel/bd)
×
Kaba Nan Baru Update