Notification

×

Iklan

Iklan

Antisipasi Banjir, Normalisasi Sungai Hitam Mendesak Dikerjakan

24 Desember 2023 | 20.21 WIB Last Updated 2023-12-25T08:56:30Z


Solok Selatan, pasbana - Pemerintah Kabupaten Solok Selatan mendorong agar OPD terkait bersama dengan masyarakat setempat segera membahas mengenai normalisasi Sungai Hitam di Nagari Bomas, Kecamatan Sungai Pagu.

Pasalnya, hujan deras yang menyebabkan debit air sangat tinggi sehingga tak tertampung oleh sungai ini menyebabkan kerugian warga. Sejumlah petak sawah dan rumah warga pun kini ditutupi pasir dan batu-batu yang terbawa oleh arus tersebut. 

Bupati Solok Selatan H. Khairunas dalam peninjauan ke Jorong Tanah Sirah yang merupakan hulu Sungai Hitam ini menekankan untuk segera dilakukan pembahasan mengenai normalisasi sungai ini. 

Peninjauan dilakukan pada Minggu (24/12/2023). 

Pembahasan ini harus melibatkan pihak kecamatan, nagari, ninial mamak, jorong, dan warga setempat. Harus dilakukan segera agar bencana yang sama tidak terjadi kembali. 

Menurut warga yang terdampak dari bencana ini menyebutkan ini pertama kalinya terjadi peristiwa serupa itu. Sempat terjadi beberapa tahun silam, namun tak sebesar kali ini. 

Maka diharapkan upaya pemerintah segera untuk menanggulangi hal ini terjadi kembali. 

Sebelumnya Bupati, Wakil Bupati, dan jajaran juga melakukan peninjauan ke Jorong Batang Lawe, Nagari Pasir Talang Barat. 

Setelah peninjauan ini juga dilakukan penyerahan bantuan kepada keluarga yang terdampak. 

Kunjungan ini untuk mengecek tindak lanjut pemasangan bronjong di aliran Batang Lawe. 

Satu rumah milik Emi terdampak tanggul irigasi yang jebol akibat meluapnya air sungai itu pada Selasa (19/12/2023) malam. 

Pemasangan bronjong telah dilakukan setelah dilakukan pelaporan kepada Balai Wilayah Sungai Sumatera V. Tindaklanjut pemasangan bronjong ini juga langsung dilakukan oleh pihak balai. (rel/bd) 
×
Kaba Nan Baru Update