Notification

×

Iklan

Iklan

Atasi Masalah Sampah, Agam Gandeng Tenaga Ahli dari Belanda

14 Desember 2023 | 20.18 WIB Last Updated 2023-12-15T01:22:36Z


Agam, pasbana - Upaya mengatasi permasalahan sampah, Pemerintah Kabupaten  Agam menggandeng konsultan expert dari organisasi Jerman SES (Senior Experten Service) dengan seorang tenaga ahli berkebangsaan Belanda bernama Ir Wim Aarts dari Innova Benelux BV dalam melaksanakan project strategi sanitasi zero waste tahun 2022.  

Project tersebut dapat dilaksanakan setelah audensi dengan Bupati Agam yang diinisiasi oleh staf ahli Bupati Agam Prof Dr Elfindri SE MA bersama Ir Erniwati MSP, sehingga ditunjuk Nagari Panampuang sebagai tempat dilaksanakan project ini. 

Nagari Panampuang sebagai nagari pilot project pertama di Kabupaten Agam diharapkan dapat menjadi contoh untuk nagari lainnya dalam pengelolaan sampah kedepannya sebagai Nagari Zero Waste atau Nagari yang telah 100% berhasil mengatasi permasalahannya langsung dari sumber.  

Hal ini juga telah dituangkan kedalam dokumen Strategi sanitasi Kabupaten  bertujuan untuk mengurangi dampak pencemaran lingkungan dari limbah domestik dan hal ini dapat dikatakan merupakan keseriusan dari komitmen Pemkab agam dalam mengatasi permasalah sampah.  

Project Nagari Zero Waste ini berlangsung selama 3 minggu mulai tanggal 5 hingga 25 Desember 2023.  

Kepala Dinas Lingkungkan Hidup Arief Restu menjelaskan kepada Diskominfo pada Kamis (14/12) bahwa project ini sudah memasuki minggu kedua dimana sudah memasuki tahap penyusunan strategi untuk dapat di implementasikan pada Minggu Ketiga.  

“Jadi project ini sudah masuk minggu kedua, minggu pertama kita mengajak expert melihat akar permasalahan persampahan, inventarisasi KSM, Bank Sampah, potensi Stakeholder dan survey keadaan persampahan di nagari tersebut agar konsultan dari belanda dapat menyusun rencana aksi yang sesuai dengan permasalahan dan sumber daya yang ada. Selanjutnya, pada minggu kedua ini seluruh OPD terkait bersama tim ahli melakukan rencana aksi dan strategi, dan di minggu ketiga nanti kami akan melaksanakan implementasi dan sosialisasi ke sekolah-sekolah, KSM, dan ke pelaku-pelaku yang berpotensi untuk bisa diajak bekerjasama dalam project zero waste.” Jelas Arief.  

Arief juga menyebutkan bahwa di tanggal 22 Desember 2023 nanti akan diadakan launching project “Nagari Zero Waste” di Nagari Panampuang yang rencananya dihadiri oleh Bupati Agam Dr H Andri Warman MM.  

“Alhamdulillah project ini juga sangat didukung oleh Bupati Agam karena harapannya dengan kerjasama ini akan memberikan 'sentuhan baru' atau merupakan inovasi baru ini masalah persampahan dapat diatasi dengan cepat”, tutupnya.(rel/bd) 
×
Kaba Nan Baru Update