Notification

×

Iklan

Iklan

161 UMKM di Tanah Datar Sukses Kembangkan Usaha dengan Program Makan Rendang

25 April 2024 | 11.40 WIB Last Updated 2024-04-25T04:40:53Z



Tanah Datar, pasbana  - Kabar gembira bagi para pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Tanah Datar! Program Makan Rendang (Maksimalkan Pemberantasan Rentenir Agar Hilang) yang digagas oleh Pemkab Tanah Datar telah membantu 161 UMKM mengembangkan usahanya. Hingga Maret 2024, program ini telah menggelontorkan dana sebesar Rp1,5 miliar untuk membantu para UMKM. 

Kepala Dinas Koperasi UKM dan Perdagangan Tanah Datar, Hendra Setiawan, menjelaskan bahwa Program Makan Rendang merupakan salah satu program unggulan Pemkab Tanah Datar untuk meningkatkan akses permodalan bagi usaha mikro dengan cara mudah, cepat, dan murah.

"Program ini memberikan subsidi bunga dan/atau subsidi margin kepada para pelaku usaha mikro yang mengajukan pembiayaan kepada lembaga jasa keuangan," jelas Hendra.

Beliau menambahkan bahwa subsidi tersebut dibayarkan oleh pemerintah daerah dan membantu meringankan biaya bunga yang ditanggung oleh para penerima pinjaman.


Untuk mendapatkan manfaat dari Program Makan Rendang, pelaku usaha mikro harus memenuhi beberapa persyaratan, yaitu:

  • Merupakan penduduk daerah yang berdomisili dan menjalankan usahanya di Tanah Datar
  • Menjalankan usaha ekonomi dan produktif di semua sektor
  • Memiliki plafon pembiayaan/pinjaman maksimal Rp10 juta dengan jangka waktu pengembalian maksimal 24 bulan
Para pelaku usaha mikro yang ingin mendapatkan bantuan dari Program Makan Rendang dapat mengajukan permohonannya di beberapa kantor PT. Bank Nagari, yaitu:

  • Cabang Batusangkar
  • Cabang Syariah Batusangkar
  • Cabang Lintau
  • Cabang Padang Panjang


Program Makan Rendang telah memberikan dampak positif yang signifikan bagi perekonomian Tanah Datar. Dengan kemudahan akses permodalan, para pelaku usaha mikro dapat mengembangkan usahanya, meningkatkan omzet penjualan, dan menciptakan lapangan pekerjaan baru.

Hendra Setiawan optimis bahwa program ini akan terus membantu para UMKM di Tanah Datar untuk berkembang dan bersaing di pasar. "Kami berharap program ini dapat mendorong pertumbuhan ekonomi masyarakat dan meningkatkan kesejahteraan di Tanah Datar," pungkasnya.

Mari kita dukung program ini dan sebarkan informasi ini kepada para pelaku usaha mikro di Tanah Datar! (rel/bd)
×
Kaba Nan Baru Update