Notification

×

Iklan

Iklan

BPBD Tanah Datar Laksanakan Peringatan Hari Kesiapsiagaan Bencana Nasional

26 April 2018 | 16.22 WIB Last Updated 2018-11-17T05:32:14Z


Tanah Datar -- Kabupaten Tanah Datar menjadi daerah rawan bencana yang sewaktu-waktu bisa melanda, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) melakukan simulasi ketika terjadi bencana gempa bumi di lapangan depan Kantor Badan Keuangan Daerah di komplek Perkantoran Bupati di Pagaruyung, Kamis (26/4/2018).

Bupati Tanah Datar diwakili Staf ahli Imran dikesempatan itu menyampaikan, pelaksanaan simulasi gempa bumi dilaksanakan dalam rangka turut memeriahkan Hari Kesiapsiagaan Bencana Nasional di Tanah Datar. “ Tanggal 26 April setiap tahunnya menjadi hari kesiapsiagaan bencana karena bertepatan lahirnya Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2007, dimana tahun 2018 ini bertemakan Siaga bencana dimulai dari diri kita, keluarga dan komunitas,” sampainya.

Imran menambahkan, Pemerintah Daerah melalui BPBD selalu meningkatkan kualitas SDM personil, sehingga menjadi handal dan mampu bekerja dalam menyelamatkan masyarakat ketika terjadi bencana. “Simulasi ini bertujuan untuk melatih kesiapsiagaan masyarkat dalam menghadapi bencana, namun tentu yang perlu digaris bawahi bahwa kejadian dalam simulasi tidak sepenuhnya sama dalam kondisi sebenarnya, namun dengan sering latihan, tentu akan tercipta personil yang selalu siap siaga,”tambahnya.



Diakhir sambutan Bupati yang dibacakan Imran, Bupati menghimbau kepada seluruh masyarakat Tanah Datar untuk selalu siap siaga. “Pengetahuan kesiapsiagaan harus dimulai dari keluarga, jadi ketika bencana terjadi apapun jenisnya tentu diharapkan kita tidak boleh panik, mengetahui jalur evakuasi dan titik kumpul yang aman dari potensi bencana yang akan menimpa kita” pesannya.

Turut hadir Ketua DPRD Tanah Datar Anton Yondra, Kadis Kominfo Erizal Ramli, Kadis Pusarsip Marwan, Sekretaris Dinas Perhubungan Isfaemal, Kabid Dinas Kesehatan Edward serta Jajaran Polres Tanah Datar. (Hp/put)
×
Kaba Nan Baru Update